Kompas TV nasional update

Mahfud MD Bongkar Temuan Deposit Box Rafael Alun tentang Uang Rp37 Miliar

Kompas.tv - 12 Maret 2023, 14:37 WIB
mahfud-md-bongkar-temuan-deposit-box-rafael-alun-tentang-uang-rp37-miliar
Eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo usai memenuhi panggilan Komisi Pemerantasan Korupsi di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023). Konsultan pajak yang bekerja sama dengan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo, diduga melarikan diri ke luar negeri. (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menungkapkan penemuan bukti pencucian uang Rafael Alun sebesar Rp37 miliar, Sabtu (11/3/2023). 

Mahfud juga mengungkapkan, uang diduga hasil suap di deposit box Rafael luput dari pengetahuan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

"Itu bukti pencucian uang. Seperti itu. Menteri bisa tidak tahu bahwa ada uang seperti itu dan memang di luar kuasa menteri. Kan orang menyimpang ratusan (miliar) di safe deposit box, itu kan menteri juga tidak tahu," ujar Mahfud, dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Sabtu (11/3) dilansir dari Kompas.com.

Dia menerangkan, pihak yang bisa mengetahui secara pasti detail dari deposit box Rafael adalah Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

Baca Juga: Gegara Pindah-Pindah Bank Uang Rp37 Miliar Rafael di Safe Deposit Box Terbongkar

Mahfud menyebut, sebelumnya Rafael sudah bolak-balik ke berbagai deposit box atau tempat penyimpanan uang. 

Ketika Rafael hendak datang ke bank untuk membuka kotak penyimpanan harta tersebut, PPATK langsung memblokir deposit box milik Rafael. 

"Langsung diblokir oleh PPATK. Sudah itu dicari dasar hukumnya. Kalau sudah diblokir, deposit box ini boleh enggak dibongkar oleh PPATK? Kan belum ada UU-nya, tidak boleh sembarangan," ujar Mahfud MD. 

"Dalam keadaan begitu, kemungkinan-kemungkinan yang lain belum diblokir, ini diblokir, lalu dikoordinasikan, dicari dasar hukumnya, tanya ke KPK, bisa tidak ini dibongkar? Bongkar. Isinya ketemu itu satu safe deposit box itu sebesar Rp 37 miliar dalam bentuk USD," imbuhnya. 

Baca Juga: Saat KPK Lupa Kantongi Indikasi Pencucian Uang Rafael, Firli ke Mahfud: Saya Belum Tahu, Bos!



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x