Kompas TV nasional update

Ini Daftar Tiga Menteri yang Plt Menteri Pemuda dan Olahraga

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 15:59 WIB
ini-daftar-tiga-menteri-yang-plt-menteri-pemuda-dan-olahraga
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang resmi menjabat sebagai Plt (pelaksana tugas) Menpora setelah Zainudin Amali mengundurkan diri. (Sumber: Kiki Luqman)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pemuda dan Olahraga pernah tiga kali dijabat oleh menteri yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas. Dua dari tiga menteri yang menjadi pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga itu ditunjuk karena Menteri tengah menghadapi kasus hukum. 

Menteri yang ditunjuk merangkap sebagai pelaksana tugas menteri pemuda dan olahraga adalah Agung Laksono di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Agung Laksono, yang waktu itu Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat ditunjuk menjadi pelaksana tugas menggantikan Andi Alfian Mallarangeng.

Saat itu, Andi tersandung kasus korupsi proyek pusat olahraga Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Dikutip dari Tribunnews Rabu (19/12/12), staf khusus Presiden Heru Lelono mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah tepat menugaskan Agung Laksono.

Menteri yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas menteri pemuda dan olahraga berikutnya adalah Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri pada 2019. Presiden Jokowi menugaskan Hanif sebagai pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga pada Jumat (20/9) menggantikan Imam Nahrawi.

Imam Nahrawi waktu itu mengundurkan diri karena statusnya yang ditetapkan sebagai tersangka dalam pengembangan perkara suap penyaluran pembiayaan. Kasus tersebut seputar skema banatuan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olaharag ke KONI tahun anaggaran 2018. 

Baca Juga: Jabatan Menpora Masih Plt, Demokrat Bantah AHY Ditawari Kursi Menteri

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/19) mengatakan, satu dari pertimbangan-pertimbangan Presiden menunjuk Hanif adalah politik, yakni Hanif berada di bawah partai yang sama dengan Imam, PKB.

Terbaru, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy. Ia menjadi pelaksana tugas menteri pemuda dan olahraga karena Zainudin Amali mengundurkan diri. Zainudin Amali menjadi wakil ketua umum PSSI. 

Saat sambutan serah terima jabatan di Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis (16/3), Muhadjir mengatakan dirinya akan menjadi Plt hingga menteri pemuda dan olahraga yang definitif hadir. 

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama, semakin cepat semakin baik, karena program saya banyak. Kemenko PMK itu mengurus orang miskin dan orang susah. Ada program prioritas yang kejar tayang jelang satu tahun tujuh bulan lagi," ujar Muhadjir.

Baca Juga: Muhadjir Effendy Tidak Mau Lama-lama Jadi Plt Menpora: Saya Ngurus Orang Miskin, Orang Susah



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x