Kompas TV regional agama

Sebagian Warga di Jember dan Bondowoso Mulai Puasa Ramadan Hari Ini

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 13:32 WIB
sebagian-warga-di-jember-dan-bondowoso-mulai-puasa-ramadan-hari-ini
Ilustrasi puasa Ramadan. Sebagian warga di Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan hari ini, Rabu (22/3/2023).(Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JEMBER, KOMPAS.TV - Sebagian warga di Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan hari ini, Rabu (22/3/2023).

Mereka mengikuti perhitungan awal Ramadan 1444 Hijriah dari Pondok Pesantren Mahfilud Duror di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kami sudah melaksanakan shalat tarawih pada Selasa (21/3) malam dan dini hari tadi sudah sahur, sehingga hari ini mulai berpuasa," kata Pengasuh Ponpes Mahfilud Duror KH Ali Wafa di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Rabu (22/3) dilansir dari Antara.

"Tidak hanya warga Jember, namun sebagian warga Kabupaten Bondowoso juga berpuasa hari ini," imbuhnya.

Ia menjelaskan, penetapan awal puasa di Ponpes Mahfilud Duror itu mengacu dari kitab Nuzhatu al-Majaalis wa Muntakhobu an-Nafaais.

"Penetapan awal puasa berdasarkan keyakinan yang menggunakan acuan sistem khumasi yang berdasarkan pada kitab Nuzhatu al-Majaalis karangan Syeh Abdurrohman as Shufuri as Syafi'i, yang sudah dijalankan ratusan tahun yang lalu," jelasnya.

Baca Juga: Simak Daftar Promo di Tokopedia dan Shopee Selama Bulan Puasa 2023

Berdasarkan sistem khumasi, kata dia, awal puasa Ramadan 1444 Hijriah ditetapkan pada lima hari dari awal puasa tahun lalu.

"Awal Ramadan tahun lalu jatuh pada hari Jumat, sehingga tahun ini awal puasa dihitung lima hari setelah awal Ramadan tahun lalu, sehingga tahun ini awal Ramadan jatuh pada Rabu," tuturnya.

Ali mengatakan, metode penetapan awal Ramadan tersebut telah digunakan sejak pesantren berdiri pada tahun 1826 dan belum pernah menimbulkan konflik dengan umat Islam lain di sekitar pesantren.

"Sebagian alumni dan santri yang pulang ke kampung halamannya di luar kota terkadang juga tetap mengikuti puasa sesuai yang ditetapkan Ponpes Mahfilud Duror," jelasnya.

Sementara itu, Kementerian Agama akan melaksanakan sidang isbat penetapan awal Ramadan 1444 Hijriah petang nanti. Di sisi lain, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan pada Kamis, 23 Maret 2023.

Baca Juga: Daftar 124 Lokasi Pantauan Hilal di Indonesia, Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x