Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Proyek Hary Tanoe-Donald Trump di Lido jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Kompas.tv - 13 Februari 2021, 07:00 WIB
proyek-hary-tanoe-donald-trump-di-lido-jadi-kawasan-ekonomi-khusus
MNC Lido City (Sumber: Mncland.com)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Proyek MNC Lido City akhirnya ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Dewan Nasional KEK. Di dalam MNC Lido City nantinya dibangun taman bermain seperti Disneyland dan resor mewah, yang menjadi proyek patungan taipan Hary Tanoesoedibjo dengan Donald Trump.

Pengerjaan MNC Lido City dilakukan oleh PT MNC Land Tbk, yang menaungi PT MNC Lido Hotel, PT MNC Lido Resort dan PT MNC Wahana Wisata.

Baca Juga: Donald Trump Dipastikan Tak Bisa Berkicau di Twitter Lagi, Bahkan Jika Kembali Jadi Presiden AS

MNC Lido City dikembangkan di atas lahan seluas 3.000 hektar. Lokasi MNC Lido City berjarak sekitar 60 kilometer dari Jakarta yang dapat ditempuh melalui Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dalam waktu 1 jam.

Setelah berstatus KEK pariwisata, Badan Usaha dan Pelaku Usaha di kawasan MNC Lido City akan mendapat kemudahan perizinan, serta berbagai insentif pajak.

Baca Juga: Digugat KT Corporation Kasus Kepailitian, Begini Respons Anak Usaha MNC Grup, Global Mediacom

Antara lain pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah, bea masuk dan pajak dalam rangka impor, serta cukai.

"Hasilnya harus jelas, turis ke Jawa Barat juga harus yang berkualitas internasional. Ini harus menjadi yang premium juga, dan devisanya pun juga premium," ujar Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/02/2021).

Baca Juga: Pak Jokowi, Bioskop Bisa Tutup Total Tanpa Diskon Listrik

Selain taman bermain dan resor mewah, di MNC Lido City juga akan terdapat kawasan hunian, gedung konferensi, lapangan golf, arena konser musik, studio film dalam dan luar ruangan, gedung oerkantoran, universitas, hingga sirkuit bertaraf internasional.

MNC Land juga bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun transit-oriented development (TOD) sebagai sarana transportasi publik tambahan.

Baca Juga: Ini Estimasi Harga Mobil yang Bebas PPnBM 100%

Pemerintah berharap pemberian status KEK kepada MNC Lido City, akan meningkatkan  jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun internasional, pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif sehingga membuka kesempatan usaha yang baru dan mengerap tenaga kerja dari daerah.

"KEK juga diharapkan akan meningkatkan pendapatan Pemerintah Daerah dan mempercepat Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) daerah serta mendorong investasi," ujar Airlangga yang juga Ketua Dewan Nasional KEK ini. 

Status KEK pariwisata bukan hanya diberikan kepada MNC Lido City. Program KEK pariwisata diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 63,4 juta orang hingga tahun 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun.

Sementara devisa dari wisatawan mancanegara serta pemasukan dari wisatawan dalam negeri diprediksi akan mencapai US$ 4,1 miliar dalam 20 tahun ke depan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x