Kompas TV bisnis bumn

Tak Pakai Pesawat Kepresidenan, Jokowi Gunakan Garuda Indonesia untuk Kunker ke AS

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 12:59 WIB
tak-pakai-pesawat-kepresidenan-jokowi-gunakan-garuda-indonesia-untuk-kunker-ke-as
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menggunakan pesawat agar Garuda Indonesia, bukan pesawat kepresidenan saat bertolak ke AS (10/5/2022). (Sumber: Garuda Indonesia )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo kembali menggunakan pesawat dari maskapai Garuda Indonesia, saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Jokowi tidak menggunakan pesawat kepresidenan dan menyewa pesawat Garuda, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-US di Washington DC pada 12-13 Mei 2022 mendatang.

Jokowi berangkat bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, pada Selasa (10/5/2022) pukul 07.20 WIB.

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setipautra menyatakan, pesawat yang digunakan adalah jenis Boeing B777-300ER. Pesawat itu dilengkapi dengan livery khusus pesawat kenegaraan, berupa kombinasi warna merah putih yang disertai dengan lambang negara dan tulisan Republik Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Bocorkan Rangkaian Agenda di AS, Akan Temui Joe Biden Hingga CEO Besar Amerika

Adapun, Presiden Jokowi akan mendarat di Bandara Andrew Air Force Base, Washington DC. Irfan menyatakan, digunakannya Garuda oleh Presiden Jokowi, memberi energi khusus bagi upaya Garuda yang tengah memperbaiki kinerjanya.

“Pengoperasian penerbangan kenegaraan ini menjadi manifestasi tersendiri bagi Garuda Indonesia dalam menjalankan mandatnya sebagai national flag carrier, khususnya dalam mendukung penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan bagi agenda strategis kenegaraan," kata Irfan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas TV.
 
Irfan memaparkan, penerbangan kenegaraan tersebut dilaksanakan melalui rangkaian persiapan operasional yang komprehensif dan koordinasi bersama para pemangku kepentingan.

Baca Juga: Hari Pertama Kerja, Puluhan ASN Telat Apel

Hal itu penting guna memastikan seluruh aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan dapat terimplementasikan secara optimal.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk memastikan keseluruhan penerbangan kenegaraan ini berjalan dengan baik," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menggunakan pesawat yang sama saat bertolak ke Roma, Italia, Skotlandia, dan Uni Emirat Arab (UEA) dalam kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu.




Sumber :


BERITA LAINNYA


Opini

KAISAR

20 Mei 2024, 07:07 WIB

Close Ads x