Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Intip Sejarah Pasar Kue Subuh Senen yang akan Tutup Setelah 34 Tahun Beroperasi

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 12:41 WIB
intip-sejarah-pasar-kue-subuh-senen-yang-akan-tutup-setelah-34-tahun-beroperasi
Pasar Kue Subuh di Pasar Senen akan ditutup setelah beroperasi selama 34 tahun. (Sumber: Dok. Senen Jaya Mall)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pasar kue subuh di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat, akan ditutup setelah beroperasi selama puluhan tahun. Hal itu disampaikan langsung pengelola Pasar Senen, Senen Jaya Mall.

"Setelah beroperasi sejak 2017, terpaksa pusat kue tradisional terbesar di Jakarta harus tutup :( Sebelum #kuesubuh di blok 5 tutup, ada cerita apa kalian di sini?," cuit akun Twitter resmi @senenjayamall, Selasa (10/1/2023).

Belum ada keterangan resmi mengenai penyebab tutupnya pasar kue legendaris itu. Begitu juga dengan penutupan yang akan berlangsung permanen, atau ditutup sementara untuk relokasi ke tempat baru seiring penataan kawasan Pasar Senen.

Para pedagang kue subuh memang baru menempati lokasi di blok 4-5 Pasar Senen pada 2017, setelah kebakaran besar melanda lokasi lama. Namun sebenarnya, Pasar Kue Subuh Senen sudah ada sejak 1988 atau 34 tahun lalu.

Baca Juga: Heru Budi Buka Suara soal Tarif ERP Jakarta, Segini Besaran yang Diusulkan

Yakni ketika seorang pedagang kue bernama Elkana Tju bersama keempat rekannya menggelar lapak kue untuk mereka berjualan.

"Jadi waktu itu mereka berlima dagang hanya untuk memenuhi kebutuhan kue bagi warga Senen dan sekitarnya," kata Property Management Coordinator for Trade Centre PT Jaya Real Property Tbk Shindu Hariyadi Wibisono seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia bercerita, waktu itu hanya ada sekitar lima meja lapak yang berjejer sejak pukul 02.00 WIB hingga 08.00 WIB pagi. Namun semakin lama, banyak orang yang mulai ikut berdagang. Jumlah lapak pun bertambah hingga mencapai 50 pedagang.

"Sampai pada tahun 1991, Elkana mengajukan izin ke pengelola Pasar Senen Blok 4 untuk menggunakan area parkir sebagai area dagang kue subuh," ujarnya.

Baca Juga: Harga Mobil Toyota Naik Termasuk Calya, Berikut Daftar Terbaru Tahun 2023




Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x