Kompas TV cerita ramadan panduan

Saat Mudik, Bolehkah Membatalkan Puasa? Begini Jawaban Habib Husein Ja far Al-Hadar

Kompas.tv - 13 April 2022, 11:32 WIB
saat-mudik-bolehkah-membatalkan-puasa-begini-jawaban-habib-husein-ja-far-al-hadar
Di program Komika Bertanya Pada Ustadznya Habib Husein Al Jafar memberi penjelasan terkait mudik dibolehkan atau tidak batal puasa (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mudik adalah tradisi di Indonesia pulang kampung saat Lebaran. Namun, kerap ditanyakan, apakah saat mudik dibolehkan membatalkan puasa?

Apalagi, biasanya puncak mudik biasanya terjadi pada jelang Idul Fitri mulai dari H-7 hingga lebaran. Saat ini moda transportasi sudah sangat mudah.

Terkait hal ini, Habib Husein Ja’far Al-Hadar menjelaskan soal boleh atau tidaknya saat mudik lebaran membatalkan puasa.

“Terkait ketentuannya (boleh atau tidak membatalkan puasa) kalau dalam mazhab Syafi’I, Pertama, jaraknya harus 80 sampai 90 Km/Jam,” kata Habib Husein Ja’far dalam program Komika Bertanya pada Ustadznya di Kompas TV, (9/4/2022).

Baca Juga: Asal-usul Perang Badar, Perang Dahsyat Umat Islam di Bulan Ramadan

Lalu, apa ketentuan dalam jarak boleh batal puasa atau tidak saat mudik?

Habib Ja’far lantas menjelaskan, sebagian ulama mengatakan untuk jarak dan waktu, ada yang mengatakan perjalanan itu harus dimulai sebelum subuh.

“Pendapat yang kuat, perjalanan sebelum subuh. Kalau sudah selesai subuh, kama tetap dihitung berpuasa. Ini boleh memilih ya, bukan kok wajib (membatalkan atau tidak),” katanya.

Penulis buku Tuhan Ada di Hatimu itu lantas menjelaskan, kalau sekiranya berpuasa itu dikira akan memberatkan dalam perjalanan itu mengakibatkan kita kena sesuatu, misalnya, sakit, maka dibatalkan dibolehkan.

“Tapi kalau perjalanannya enteng, ya tetap saja puasa,” ujarnya.

Lagian, kata dia, bayar utang puasa di hari lain selain Ramadan itu repot. Ketika semua orang justru tidak puasa, kita justru harus berpuasa.

“Lantas, apakah kalau naik pesawat 80 KM apakah tetap wajib pusa karena tidak capek. Tetap hal itu dihitung perjalanan. Tapi baiknya tetap puasa,” ujarnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x