Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Aplikasi Threads Tembus 100 Juta Pengguna Setelah Lima Hari Diluncurkan

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 08:59 WIB
aplikasi-threads-tembus-100-juta-pengguna-setelah-lima-hari-diluncurkan
Aplikasi Threads Instagram. Threads, media sosial berbasis teks yang mirip dengan Twitter, telah mencapai 100 juta pengguna dalam waktu lima hari sejak peluncurannya pada Rabu (5/7/2023) lalu. (Sumber: Business Insider)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Threads, media sosial berbasis teks yang mirip dengan Twitter, telah mencapai 100 juta pengguna dalam waktu lima hari sejak peluncurannya pada Rabu (5/7/2023) lalu. 

Seperti dilansir dari The Verge, Selasa (11/7), pencapaian yang diraih Threads itu melampaui platform kecerdasan buatan ChatGPT milik OpenAI. ChatGPT baru mencapai 100 juta pengguna dua bulan sejak tanggal peluncurannya.

Sejak jam-jam pertama perilisannya, Threads memang sudah menunjukkan peningkatan jumlah pengguna yang signifikan. Pada dua jam pertama, Threads telah memiliki 2 juta pengguna dan terus mengalami peningkatan stabil dalam beberapa hari berikutnya.

Bos Meta, Mark Zuckerberg, menyatakan capaian itu karena "permintaan organik" meskipun perusahaan tersebut belum menggalakkan promosi terhadap platform media sosial baru tersebut.

Karena terhubung dengan Instagram, para pengguna Threads bisa membagikan postingan mereka ke Instagram. Hal itu secara tidak langsung ikut "mempromosikan" Threads ke pengguna Instagram yang belum membuat akun medsos baru itu. 

Baca Juga: Rupanya Ini Izin dan Akses di HP yang Diminta Threads| SINAU

Selain jumlah pengguna yang melonjak, hingga Kamis (6/7), dilaporkan telah terpampang 95 juta unggahan serta 190 juta reaksi "likes" yang dibagikan pada platform Threads.

Suksesnya peluncuran Threads ini membuat Bos Twitter Elon Musk geram. Ia menyatakan Threads mencontek Twitter dan akan mengajukan gugatan hukum. Namun, Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan, kehadiran Threads bukan ditujukan untuk menggantikan Twitter.

Salah satu perbedaannya menurut Mosseri adalah Threads tidak mendukung penyebaran unggahan terkait politik atau hard news di platform tersebut.

Mosseri menyebutkan Threads merupakan wadah bagi orang-orang untuk menikmati media sosial berbasis percakapan.

Di sisi lain, ada sejumlah kekurangan Threads yang membuat pengguna balik lagi ke Twitter. Seperti diberitakan Kompas TV sebelumnya, berikut adalah kekurangan Threads dibanding Twitter:

Baca Juga: Link Download Aplikasi Threads Instagram, Lengkap dengan Cara Membuat Akun dan Menggunakannya

1. Memerlukan Akun Instagram

Menurut laporan dari The Guardian, untuk menggunakan Threads, pengguna harus menautkan akun Instagram yang sudah ada saat mendaftar. 

Jadi, bagi mereka yang tidak memiliki akun Instagram, mereka tidak dapat menggunakan Threads seperti yang dilakukan orang lain. 

Saat ini, tidak ada opsi untuk membuat akun terpisah dari Instagram, meskipun Threads merupakan aplikasi terpisah yang harus diunduh terlebih dahulu.




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x