Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi ke Xanana Gusmao dan PM Kamboja yang Baru: Selamat Datang di Keluarga Besar ASEAN

Kompas.tv - 5 September 2023, 13:36 WIB
jokowi-ke-xanana-gusmao-dan-pm-kamboja-yang-baru-selamat-datang-di-keluarga-besar-asean
Presiden Jokowi didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Menlu Retno LP Marsudi, dan Seskab Pramono Anung melakukan pertemuan bilateral dengan PM Timor-Leste, Xanana Gusmao, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/9/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan khusus selamat datang kepada Perdana Menteri Kamboja Hun Manet dan PM Timos Leste Xanana Gusmao saat pembukaan Plenary Session KTT ASEAN 2023. 

"Saya ingin mengucapkan selamat datang kepada Yang Mulia Perdana Menteri Kamboja Hun Manet dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao. Selamat bergabung di keluarga besar ASEAN," kata Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/9/2023).

Hun Manet adalah PM Kamboja baru yang terpilih, sedangkan Timor Leste baru bergabung dengan ASEAN di KTT Labuan Bajo Mei 2023 lalu. 

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Rekayasa Lalu Lintas di 29 Ruas Jalan Selama KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Sesi pleno adalah pertemuan lanjutan para kepala negara ASEAN setelah pembukaan KTT oleh Presiden Jokowi. Namun pertemuan sesi pleno ini digelar tertutup dari media.

Sebelumnya, Jokowi juga sudah menggelar pertemuan bilateral dengan kedua pemimpin negara itu. Dengan Xanana Gusmao, pertemuan dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/9) kemarin. 

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi membahas mengenai penyelesaian batas darat dan mengajak pemerintah Timor-Leste untuk membentuk kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara.

“Bapak Presiden menyampaikan diharapkan akhir tahun ini batas darat dapat diselesaikan, dan kedua pemimpin juga menyepakati bahwa kerja sama ekonomi terutama di daerah perbatasan penting untuk ditingkatkan,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya selepas pertemuan.

Baca Juga: Dibuka Mulai 17 September, Berikut Batas Usia Pelamar CPNS 2023 untuk Lulusan SMA dan S1

Retno mengatakan, Xanana Gusmao mengapresiasi dukungan Indonesia kepada Timor-Leste dalam keanggotaan ASEAN.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x