Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kisi-kisi Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK 2023 Per Jabatan, Ini Link Download PDF

Kompas.tv - 1 November 2023, 06:20 WIB
kisi-kisi-materi-pokok-soal-seleksi-kompetensi-teknis-pppk-2023-per-jabatan-ini-link-download-pdf
Ilustrasi seleksi PPPK. Berikut kisi-kisi materi pokok soal Seleksi Kompetensi PPPK 2023 resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) (Sumber: Menpan.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) memberikan kisi-kisi materi pokok soal seleksi kompetensi teknis PPPK 2023 per jabatan.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran nomor B/2881/M.SM.01.00/2023 Kemen PANRB tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk Seleksi Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2023.

"Dalam rangka mewujudkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang profesional, kompeten, dan melayani, maka setiap PPPK wajib memiliki kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan kompetensi teknis yang sesuai dengan standar kompetensi jabatan."

"Sesuai dengan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, maka setelah seleksi administrasi berakhir, tahap seleksi pengadaan PPPK selanjutnya adalah seleksi kompetensi," bunyi edaran yang diterbitkan 30 Oktober 2023 tersebut dikutip dari bkd.jogjaprov.go.id.

Baca Juga: Apa Itu Ujian CAT BKN yang Digunakan dalam Seleksi CPNS-PPPK 2023? Ini Penjelasannya

Sebagai informasi, seleksi kompetensi PPPK 2023 terdiri dari Seleki Kompetensi Manajerial, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, Seleksi Kompetensi Teknis, dan Wawancara Berbasis Komputer.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), Seleksi Kompetensi PPPK 2023 akan dilaksanakan pada 10 November-4 Desember 2023.

Dengan adanya kisi-kisi ini, para peserta seleksi dapat mengenali poin penting dari soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya.

"PANSELNAS memberikan Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, sesuai yang tercantum pada PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional," lanjutnya.

Baca Juga: Tes PPPK Guru 2023 Apa Saja? Ini Kisi-kisi, Passing Grade dan Jadwalnya

Berikut kisi-kisi soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK 2023



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x