Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

KAI akan Buka Rute Jakarta-Banyuwangi PP Pakai Blambangan Ekspres, Lebaran Beroperasi

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 18:26 WIB
kai-akan-buka-rute-jakarta-banyuwangi-pp-pakai-blambangan-ekspres-lebaran-beroperasi
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana membuka rute Jakarta-Banyuwangi PP. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana membuka rute Jakarta-Banyuwangi PP. 

Kepala PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember yang juga membawahi Banyuwangi, Buntar Ris Wirawan mengatakan, rute tersebut nantinya akan dilayani oleh KA Blambangan Ekspres yang saat ini sudah beroperasi rute Semarang-Banyuwangi.

"Kami akan extend Blambangan Ekspres. Kalau saat ini dari Ketapang (Banyuwangi) hanya sampai ke Semarang, rencananya akan diperpanjang menuju Jakarta. Sudah kami usulkan ke pusat. Semoga Februari, sudah keluar sehingga Lebaran sudah jalan," kata Buntar di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/1/2024). 

Selain itu, PT KAI juga sedang mengkaji potensi pembukaan rute Banyuwangi-Bandung melewati Surabaya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut baik rencana pembukaan rute baru tersebut. Ia mengharapkan rute-rute lain dari Banyuwangi menuju kota-kota besar lainnya bisa dipertimbangkan.

Baca Juga: Lowongan Kerja Kereta Cepat Whoosh, Dibuka hingga 16 Februari, Ini Link Daftarnya

"Semakin banyak rute dan kelas yang ditawarkan, akan mempermudah aksesibilitas masyarakat menuju Banyuwangi. Harapannya ini bisa semakin mendongkrak kunjungan wisatawan kami. Ujungnya juga berdampak pada kesejahteraan warga Banyuwangi," ujarnya. 

Banyuwangi adalah salah satu tujuan favorit wisatawan di Jawa Timur. Keberadaan Kawah Ijen dan pantai-pantainya yang cantik membuat kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini menjadi magnet wisatawan lokal dan asing. 

Bahkan, Pantai G-Land di kawasan Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu spot selancar terbaik dunia dan pernah digunakan sebagai lokasi World Surf League (WSL) Championship Tour pada 2022. 

Selama ini, belum ada kereta yang langsung menjangkau Banyuwangi dari Jakarta. Para penumpang harus transit di sejumlah stasiun seperti Semarang dan Surabaya untuk lanjut ke Banyuwangi. 

Buntar melanjutkan, KAI juga berencana menambah perjalanan untuk Banyuwangi-Malang dan akan menggunakan kereta kelas eksekutif.

Baca Juga: KAI Ingatkan Penumpang soal Aturan Bagasi di Kereta, Kalau Lebih Harus Bayar Lagi



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x