Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bantuan BPNT Februari 2024 Apakah Sudah Dicairkan? Simak Dulu Penerimanya di Cek Bansos Kemensos

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 14:00 WIB
bantuan-bpnt-februari-2024-apakah-sudah-dicairkan-simak-dulu-penerimanya-di-cek-bansos-kemensos
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp600 ribu. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah meningkatkan efisiensi pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan melaksanakan transfer dana ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) melalui konsorsium Bank Himbara, yang mencakup BRI, BSI, BNI, dan Mandiri.

Penyaluran bantuan telah mencapai tahap standing instruction (SI) di mana dana secara aktif ditransfer ke rekening KKS penerima.

Baca Juga: KPU Bekerja Sama dengan Dinkes untuk Jaga Kesehatan Petugas KPPS

Program ini dirancang tidak hanya sebagai bantuan langsung berupa pangan tetapi juga sebagai bagian integral dari strategi menyeluruh pemerintah untuk mengurangi tingkat kemiskinan di negara ini.

Nantinya setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berhak atas Rp200 ribu per bulan. Dalam penyaluran awal, meliputi bulan Januari hingga Maret, setiap KPM menerima total Rp600 ribu.

BPNT dijadwalkan berlangsung selama satu tahun dengan penyaluran bulanan, walaupun jadwal spesifik dapat berbeda tergantung kebijakan daerah.

Baca Juga: Tata Cara Mencoblos di Pemilu 2024, Ini Contoh Surat Suara Sah dan Tidak Sah

Kriteria dan Pendaftaran Penerima BPNT

Untuk menjadi penerima manfaat BPNT, individu harus merupakan Warga Negara Indonesia dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Keluarga yang belum terdaftar diharapkan untuk mendaftarkan diri agar tidak terlewat dari program penting ini. Penerima terpilih akan mendapatkan total bantuan senilai Rp2,4 juta per tahun, yang akan dicairkan melalui rekening KKS mereka.

Baca Juga: Info Loker BNPB: Kesempatan Berkarir D3-S1 Semua Jurusan Posisi Arsiparis, Tutup 15 Februari 2024

Untuk memverifikasi kelayakan menerima BPNT 2024, keluarga dapat mengunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id, memasukkan detail sesuai KTP, dan mengikuti instruksi untuk mendapatkan informasi status mereka.

Proses ini dirancang untuk memastikan transparansi dan kemudahan akses bagi penerima manfaat. Dengan proses pengecekan yang mudah dan aksesibilitas informasi, keluarga di Indonesia dapat lebih mudah mendapatkan bantuan yang mereka perlukan untuk menjaga kestabilan ekonomi mereka.

Baca Juga: Simak Pencairan Bantuan PIP Enterprise Februari 2024, Bisa Lihat Lewat HP, Klik pip.kemdikbud.go.id

Program BPNT 2024 tidak hanya memperkuat jaring pengaman sosial tetapi juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung warganya melalui masa-masa sulit. Melalui dukungan ini, diharapkan keluarga Indonesia dapat meraih kesejahteraan yang lebih baik.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x