Kompas TV ekonomi perbankan

OJK Cabut Izin Usaha BPRS Saka Dana Mulia di Kudus, LPS Siapkan Pembayaran Jaminan Simpanan Nasabah

Kompas.tv - 20 April 2024, 06:20 WIB
ojk-cabut-izin-usaha-bprs-saka-dana-mulia-di-kudus-lps-siapkan-pembayaran-jaminan-simpanan-nasabah
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT BPRS Saka Dana Mulia yang berlokasi di Kudus, Jawa Tengah. LPS pun tengah menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi BPRS tersebut. (Sumber: KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT BPRS Saka Dana Mulia yang berlokasi di Kudus, Jawa Tengah.

Pencabutan itu berdasarkan Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-36/D.03/2024 tanggal 19 April 2024 tentang Pencabutan Izin Usaha PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Saka Dana Mulia.

"Otoritas Jasa Keuangan mencabut izin usaha PT BPRS Saka Dana Mulia yang beralamat di Ruko Pramuka Square Blok A1 & A4 Jl. Pramuka Nomor 368 Mlati Lor Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah terhitung sejak tanggal 19 April 2024," tulis OJK dikutip dari laman resminya, Jumat (19/4). 

Sehubungan dengan pencabutan izin usaha PT BPRS Saka Dana Mulia tersebut, OJK mengumumkan bahwa kantor PT BPRS Saka Dana Mulia dinyatakan ditutup untuk umum dan PT BPRS Saka Dana Mulia menghentikan seluruh kegiatan usahanya.

Penyelesaian hak dan kewajiban PT BPRS Saka Dana Mulia akan dilakukan oleh Tim Likuidasi yang akan dibentuk oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Direksi, Dewan Komisaris, atau Pemegang Saham PT BPRS Saka Dana Mulia dilarang melakukan segala tindakan hukum yang berkaitan dengan aset dan kewajiban BPRS kecuali dengan persetujuan tertulis dari LPS​," ujar OJK. 

Baca Juga: OJK Blokir 195 Nomor Kontak Debt Collector Pinjol Ilegal karena Lakukan Intimidasi

Sementara itu, Sekretaris Lembaga LPS, Dimas Yuliharto menyatakan, pihaknya tengah menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi PT BPRS Saka Dana Mulia.

Untuk melaksanakan pembayaran klaim penjaminan simpanan, LPS akan terlebih dahulu memastikan simpanan nasabah dapat dibayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x