Kompas TV ekonomi loker

Pendaftaran CPNS-PPPK 2024 Dibuka Kapan? Ini Pengumuman KemenPAN RB Terbaru

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 17:30 WIB
pendaftaran-cpns-pppk-2024-dibuka-kapan-ini-pengumuman-kemenpan-rb-terbaru
Ilustrasi. Pengumuman terbaru KemenPAN RB terkait pendaftaran rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 (Sumber: jabarprov.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberi pengumuman terbaru terkait kapan pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja (PPPK).

Beberapa kementerian dan instansi pusat telah mengeluarkan rincian jumlah formasi untuk rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 seperti Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan lainnya.

Lantas, kapan pendaftaran CPNS 2024?

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK bisa dimulai segera setelah proses validasi selesai berdasarkan hasil pengisian/input rincian formasi dari masing-masing kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda).

Baca Juga: BUMN PT SIER Buka Lowongan Kerja Besar-besaran Mei 2024 untuk D3, S1, S2, Terbuka untuk Disabilitas

Saat ini, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang melakukan verifikasi dan validasi rincian formasi ASN yang sudah ditetapkan berdasarkan usulan dari seluruh instansi pusat dan daerah.

“Kementerian PANRB dan BKN sudah lakukan percepatan pada proses verifikasi dan validasi formasi ASN dari input yang dilakukan K/L dan Pemda. Kami harap K/L dan Pemda yang belum merampungkan input di sistem BKN untuk segera menyelesaikan agar pendaftaran CASN segera dibuka karena sudah ditunggu-tunggu publik,” ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat memimpin rapat tematik mengenai rekrutmen CASN di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (30/04/2024).

Anas mengatakan ada sebagian K/L dan Pemda yang belum merampungkan pengisian detail dari formasi yang telah ditetapkan Kementerian PANRB.

“BKN sudah berkoordinasi. Kami yakin bisa rampung dalam waktu dekat, dan pendaftaran CASN dapat segera dimulai,” papar Anas.

Diketahui, pemerintah telah menetapkan formasi CPNS dan PPPK, yaitu sebesar 1,28 juta formasi yang telah ditetapkan sebagai tahap awal untuk pemenuhan total kebutuhan 2,3 juta ASN.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x