Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Elon Musk Tiba di Bali Dijemput Luhut, akan Resmikan Starlink Bareng Jokowi

Kompas.tv - 19 Mei 2024, 10:32 WIB
elon-musk-tiba-di-bali-dijemput-luhut-akan-resmikan-starlink-bareng-jokowi
Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjemput CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu (19/5/2024). (Sumber: Kemenko Marves)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

DENPASAR, KOMPAS.TV- Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjemput CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu (19/5/2024). Elon Musk tiba di Bali untuk menghadiri World Water Forum ke - 10 dan peluncuran Starlink bersama Presiden di salah satu Puskesmas di Denpasar, Bali. 

“Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini dan kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini dan tentunya beberapa kerja sama penting,” kata Luhut dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.tv. 

Luhut mengungkap, Elon Musk akan melakukan peluncuran Starlink bersama Presiden Joko Widodo di salah satu Puskesmas di Denpasar.

Kerja sama ini sebagai bentuk pemerataan internet di seluruh provinsi di Indonesia yang akan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Dengan begitu, kedua layanan ini diharapkan dapat terus meningkat. 

Baca Juga: Telkomsat Gandeng Starlink Milik Elon Musk, Tawarkan Layanan Internet Bisnis

Luhut berharap melalui peluncuran Starlink ini, masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet secara cepat seperti dengan penduduk yang tinggal di kota besar.

Sebagai informasi, internet Starlink adalah layanan internet satelit yg dikembangkan oleh SpaceX yang merupakan perusahaan teknologi milik Elon Musk. 

Starlink ini menggunakan konstelasi satelit rendah bumi (LEO) untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke berbagai daerah di seluruh dunia, terutama di daerah-daerah terpencil.

Hadirnya internet ini khususnya untuk membantu masyarakat Indonesia yang kurang mendapatkan akses layanan internet. 

Baca Juga: Melihat Uji Coba Starlink di IKN yang Resmi Masuk Indonesia

"Nantinya, pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang dikenal sebagai “dish” untuk dapat terhubung ke jaringan satelit, dengan begitu masyarakat Indonesia dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan andal," tutur Luhut. 

Sebelumnya, Luhut juga menyebut layanan Starlink akan bisa dinikmati oleh masyarakat umum. 

Saat ditanya wartawan tidakkah hal itu akan mengancam keberadaan operator internet lain di Indonesia, Luhut menyatakan semua harus bisa berkompetisi. Luhut juga mengatakan harga layanan internet Starlink akan lebih murah. 

"Iyes lebih murah," ujar Luhut usai acara Press Conference Ekspedisi Bersama Indonesia - OceanX, di Nusa Dua Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga: Starlink Milik Elon Musk Masuk Indonesia, Ini Respons Telkom dan XL Axiata

"Semua harus berkompetisi," tambahnya. 

Menurut Luhut, dengan adanya Starlink jaringan komunikasi di daerah terpencil akan bagus. Bidang kesehatan dan pendidikan juga akan sangat terbantu. Ia juga menyebut banyak daerah di Indonesia yang belum tersentuh layanan internet. 

"Selatan Jawa banyak yang enggak bisa terhubung dengan baik. Di Bali banyak area yang spot (sinyal) nya enggak bagus. Jangankan Papua, NTT, NTB. Jadi banyak area di Indonesia ini yang belum tercover," tuturnya. 
 


 



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x