Kompas TV entertainment lifestyle

Kenapa Masyarakat China Memberikan Angpao Saat Tahun Baru Imlek? Begini Asal-usulnya

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 17:09 WIB
kenapa-masyarakat-china-memberikan-angpao-saat-tahun-baru-imlek-begini-asal-usulnya
Ilustrasi angpao, asal-usul tradisi angpao saat Tahun Baru Imlek. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun Baru Imlek identik dengan kata angpao. Amplop kecil berwarna merah ini menjadi sesuatu yang paling ditunggu-tunggu saat perayaan Tahun Baru China.

Menurut KBBI, angpau atau angpao merupakan sebuah amplop kecil yang digunakan sebagai tempat uang sumbangan yang diberikan kepada orang yang punya hajat dalam adat China.

Angpao juga memiliki arti sebagai hadiah yang diberikan dalam bentuk uang di Hari Tahun Baru China.

Secara asal kata, angpao pada mulanya berasal dari kata hung pao yang dalam bahasa Hokkian Ang berarti merah, sementara pao berarti amplop atau bungkus.

Baca Juga: Tidak Ada Festival, Panitia Imlek dan CGM Pemangkat Bagikat Ribuan Paket

Menurut Agni Malagina, seorang peneliti dan penulis yang fokus pada kajian budaya Tionghoa Indonesia, angpao adalah bungkus warna merah atau amplop earna merah.

Seperti diketahui, warna merah dalam tradisi Tionghoa memiliki arti keberuntungan dan kebahagiaan sepanjang tahun.

Menilik asal-usulnya, angpao memiliki sejumlah versi yang berbeda. Namun, terdapat satu yang paling populer berkaitan dengan monster Sui.

Diceritakan, monster Sui akan datang untuk menakut-nakuti dan menculik anak saat malam tahun baru. Monter Sui akan datang saat tengah malam sehingga orang-orang akan bergadang hingga lewat malam.

"Tapi kebanyakan anak-anak itu enggak kuat, hingga akhirnya mereka bikin amplop merah aja deh kita bikin kaya tolak bala, diselipin di situ uang logam yang warna kuning," ujar Agni, dikutip dari TibunnewsWiki, Kamis (11/2/2021).

Alasan dimasukkannya uang logam tersebut karrna sinar yang dipancarkan oleh uang logam mamou mengusir monster Sui. Amplop merah tersebut kemudian diletakkan di bawah bantal tempat anak-anak tidur.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x