Kompas TV entertainment selebriti

Jerome Polin Bandingkan Sekolah Indonesia dengan Luar Negeri: Jam Masuk dan Eksplorasi Jadi Sorotan

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 15:41 WIB
jerome-polin-bandingkan-sekolah-indonesia-dengan-luar-negeri-jam-masuk-dan-eksplorasi-jadi-sorotan
Jerome Polin Sijabat (Sumber: instagram/jeromepolin)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - YouTuber Jerome Polin angkat bicara perihal pendidikan di Indonesia. Jika dibandingkan dengan sekolah di Jepang atau Finlandia, jam masuk di Indonesia menurutnya terlalu pagi.

"Peta pendidikan di Indonesia yang masih saya garis bawahi adalah cepatnya masuk jam sekolah. Bangunnya harus jam setengah 5 pagi kalau masuknya jam 06.30 WIB. Kalau rumah jauh dari sekolah berangkatnya jam 05.30 WIB," jelasnya dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Jerome membandingkan jam masuk sekolah di Jepang adalah jam 8 atau 9 pagi. Selain itu dia juga menyoroti jam pulang sekolah di Indonesia.

Baca Juga: Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi, Kemenag: Kunci Pemulihan Pendidikan adalah Guru

Menurut mahasiswa jurusan matematika terapan itu, para siswa di negeri ini jadi tak bisa melakukan eksplorasi diri akibat pulang terlalu sore.

"Siswa-siswa di negeri ini tidak mudah mengeksplor diri sendiri, mereka tidak bisa lakukan itu," lanjutnya.

Membandingkan dengan para siswa di Finlandia, Jerome mengatakan mereka memiliki kesadaran untuk terus mengasah diri dan minatnya.

Baca Juga: Peduli Pendidikan Anak, Pemkab Kediri Dirikan Ruang Pintar Di Lereng Gunung Wilis

"Jika dibanding sekolah di Finlandia, siswa-siswa di sana sadar akan terus belajar, minat belajarnya tinggi-tinggi, sehingga di luar sekolah mereka juga belajar, baca buku, dan sebagainya," lanjut mahasiswa S1 Universitas Waseda, Jepang itu.

Selain itu dia juga menyoroti cita-cita para siswa di Indonesia. Jerome menyebut keinginan untuk menjadi dokter, presiden, atau lain-lain sudah berubah.

"Sekarang pada mau jadi TikTokers, karena memang ada duitnya kalau untuk jadi itu," ujarnya.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x