Kompas TV entertainment musik

Sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret: Ditetapkan SBY, Terinspirasi dari WR Supratman

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 09:15 WIB
sejarah-hari-musik-nasional-9-maret-ditetapkan-sby-terinspirasi-dari-wr-supratman
Ilustrasi: WR Supratman, sosok yang menginspirasi Hari Musik Nasional tanggal 9 Maret. (Sumber: Gramedia)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tanggal 9 Maret, Indonesia memperingati Hari Musik Nasional. Ini merupakan bentuk apresiasi bagi para musisi yang sudah memajukan industri musik tanah air.

Tahun ini, Hari Musik Nasional 2022 jatuh pada Rabu (9/3/2022). Presiden Jokowi mengadakan konser musik di Kota Mataram dengan mendatangkan belasan artis dan penyanyi ibu kota.

Lantas, mengapa tanggal 9 Maret bisa ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional? Simak ulasannya berikut ini.

Terinspirasi dari WR Supratman

Melansir laman Kemendikbud.go.id, asal usul Hari Musik Nasional tak lepas dari sosok Wage Rudolf Supratman atau yang lebih dikenal dengan WR Supratman.

WR Supratmani merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia, "Indonesia Raya", serta merupakan anggota dari grup musik jazz Black and White Jazz Band. 

Baca Juga: Peringati Hari Musik Dunia, Keraton Yogyakarta Luncurkan Orkestra Kerajaan

Meski belum diketahui dengan jelas, beberapa pihak menyatakan bahwa WR Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903.

Oleh karena itu, Presiden Republik Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menetapkan tanggal 9 Maret menjadi Hari Musik Nasional lewat Keputusan Presiden No. 10 Tahun 2013.

Penetapan ini berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29  Maret 2007 yang telah disetujui oleh keluarga WR Supratman.

Kendati demikian, berdasarkan penelusuran sejarah, WR Supratman ternyata lahir pada tanggal19 Maret 1903.

Musik Budaya Universal

Musik merupakan ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Baca Juga: Hari Musik Nasional, Ini Kisah Lagu-Lagu Terlarang dari “Indonesia Raya” sampai Lagu The Beatles

Penetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional ini juga sebagai upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia.

Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional.

Hari Musik Nasional juga menjadi simbol kebangkitan musik nasionaldan daerah. Diharapkan, masyarakat Indonesia lebih mencintai dan menghargai karya-karya musik Tanah Air.



 




Sumber : kemendikbud.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x