Kompas TV entertainment lifestyle

Hari Anak Nasional 2022, 4 Jenis Pola Asuh dan Efeknya pada Anak

Kompas.tv - 23 Juli 2022, 11:44 WIB
hari-anak-nasional-2022-4-jenis-pola-asuh-dan-efeknya-pada-anak

Tidak ada buku manual untuk jadi orangtua, ditambah pola asuh tercatat berkembang seiring zaman, maka ilmunya harus terus diperbaharui. (Sumber: Grid.id/freepik)

Penulis : Dian Septina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Momentum Hari Anak Nasional yang jatuh hari ini Sabtu (23/7/2022) bisa dimaknai para orangtua dengan memahami pola asuh terbaik untuk buah hati.

Tidak ada buku manual untuk jadi orangtua, ditambah pola asuh tercatat berkembang seiring zaman, maka ilmunya harus terus diperbaharui.

Gaya pengasuhan memengaruhi perkembangan mental anak-anak. Ini juga dapat memengaruhi pertumbuhan emosi dan psikologis anak secara keseluruhan.

Ada empat gaya pengasuhan berbeda yang biasa diterapkan para orangtua, yaitu pengasuhan permisif, otoritatif, otoriter, dan tidak terlibat. Berikut penjelasannya:

1. Pola Asuh Permisif

Pola asuh permisif dapat disebut sebagai pola asuh yang toleran atau penuh kesabaran.

Ciri-ciri gaya pengasuhan ini adalah memiliki beberapa aturan atau standar perilaku, aturan bisa tidak konsisten, jangan berharap terlalu banyak dari anak, dan terus mengasuh dan mencintai anak-anak.

Efek dari gaya pengasuhan ini adalah bahwa anak-anak akan kekurangan disiplin diri, memiliki keterampilan sosial yang buruk, akan sangat menuntut dan merasa tidak aman.

Baca Juga: 20 Link Download Twibbon dan Ucapan Hari Anak Nasional 2022

2. Pola Asuh Otoritatif

Gaya pengasuhan ini dikenal juga dengan pola asuh demokratis, di mana orangtua dana nak selalu bicara bersama untuk mendapatkan sebuah solusi bagi kedua pihak.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x