Kompas TV entertainment film

Ngerinya Penayangan Film Pocong Gundul: Ada Kursi Kosong di Bioskop, Kain Kafan, dan Kapur Barus

Kompas.tv - 21 September 2023, 10:25 WIB
ngerinya-penayangan-film-pocong-gundul-ada-kursi-kosong-di-bioskop-kain-kafan-dan-kapur-barus
Dalam penayangan film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul, ada satu kursi yang dikosongkan dan disediakan kain kafan yang dimaksudkan untuk entitas Pocong Gundul. (Sumber: Instagram/@kisahtanahjawa_md)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul rilis hari ini, Kamis (21/9/2023). Film ini digarap oleh sutradara Awi Suryadi berdasarkan kisah nyata yang ditulis oleh Hari Kurniawan atau dikenal sebagai Om Hao.

Chief Marketing Officer MD Entertainment Group Astrid Suryatenggara mengatakan bahwa di setiap pihaknya melakukan penayangan perdana atau nonton bareng (screening), ada permintaan khusus dari entitas Pocong Gundul.

Hal ini disampaikan dalam pemutaran perdana film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul di Cinepolis Lippo Plaza Jogja, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga: Rilis Hari Ini! Ini Cerita di Balik Film Pocong Gundul, Ada Mantra Asli Berbahasa Jawa Kuno

Astrid menjelaskan bahwa sosok Pocong Gundul tersebut meminta disediakan tempat di dalam bioskop. Tepatnya di tempat duduk paling kiri atas.

“Setiap kali kita melakukan garap premier atau ada screening, entitas itu meminta kita menyediakan tempat duduk paling kiri atas dikosongkan, dan disediakan kain kafan dan kapur barus,” ujar Astrid.

Dalam penayangan tersebut, sejumlah studio dihiasi dengan berbagai pernak-pernik horor, termasuk sesajen dan pocong-pocongan yang diletakkan di pintu masuk bioskop.

Om Hao sebagai penulis kisah Pocong Gundul ini mengatakan bahwa sosok yang bernama Walisdi ini merupakan entitas yang sangat kooperatif. Pasalnya, entitas tersebut mau diajak bercerita dan digambar.

Dia bertemu dengan Pocong Gundul pada 2018 lalu, kemudian menulis kisahnya melalui wawancara dan retrokognisi.

Baca Juga: Sinopsis The Expendables 4, Iko Uwais Jadi Pedagang Senjata sekaligus Pemimpin Tentara Bayaran!

Sinopsis Pocong Gundul

Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul menceritakan tentang seseorang bernama Hao yang memiliki kemampuan retrokognisi, kemampuan untuk melihat kejadian masa lalu.

Hao menolong seorang siswi SMK bernama Sari yang hilang diculik pocong berkepala gundul. Hao bersama sahabatnya, Rida, berhasil menyelamatkan Sari.

Namun, Pocong Gundul yang murka pun meneror Hao. Dengan kemampuannya, Hao mengetahui bahwa pocong tersebut dulunya merupakan dukun sakti bernama Walisdi yang mempelajari ilmu hitam serta memiliki perjanjian dengan Banaspati.

Baca Juga: Eiichiro Oda Resmi Umumkan One Piece Live Action Season 2, Beri Bocoran Cerita Selanjutnya

Pocong Gundul tidak boleh dibiarkan terus bergentayangan karena akan memakan korban lebih banyak. Hao harus melakukan sesuatu untuk menghentikan pocong tersebut.

Film ini dibintangi oleh Deva Mahenra, Iwa K, Della Dartyan, Nayla Purnama, Pritt Timothy.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x