Kompas TV nasional politik

Ini 6 Nama Bakal Calon Gubernur Jakarta dari PDIP yang Akan Dipilih Megawati

Kompas.tv - 17 Mei 2024, 11:23 WIB
ini-6-nama-bakal-calon-gubernur-jakarta-dari-pdip-yang-akan-dipilih-megawati
Ketua Umum PDIP yang juga Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor kehormatan di bidang Ilmu Sosial dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia. (Sumber: istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP memilki target untuk memenangkan gelaran Pilkada Jakarta 2024. Kini, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu sudah memiliki delapan bakal calon Gubernur Jakarta yang nantinya akan dipilih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Dari delapan nama yang sedang dipertimbangkan oleh internal partai, terdapat enam nama yang sudah dibocorkan ke publik. Mereka adalah Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, Djarot Saiful Hidayat, Hendrar Prihadi, Tri Rismaharini, Andika Perkasa, hingga Aryo Seno Bagaskoro.

"Tapi ini perbincangan kami, sekali lagi ini masih perbicangan kami. Ada Mas Djarot, ada Pak Ahok, ada mas Hendi, ada Bu Risma, ada Mas Andika. Eh, jangan-jangan mas Seno mungkin, yang muda. Jangan bilang tidak mungkin," kata Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga kepada wartawan, Kamis (16/5/2024). 

Baca Juga: Hasto PDIP Sebut Megawati Kantongi 8 Nama yang Digodok Jadi Bakal Calon Gubernur Jakarta

Namun, ia tak ingin membeberkan lebih lanjut ihwal dua nama lainnya. 

"Dan dua lagi saya tidak mau sebut namanya. Bisa aja kejutan-kejutan nanti," ujarnya.

Berikut rangkuman rekam jejak dari enam bakal calon gubernur Jakarta dari PDIP: 

1. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Ahok mengawali karier politik dari seorang anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Lalu, ia terpilih menjadi Bupati Belitung Timur pada Pilkada 2005. Kemudian, pada tahun 2012, ia bersama Joko Widodo maju sebagai calon wakil gubernur dan memenangkan kontestasi tersebut. 

Pada 1 Juni 2014, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengambil cuti panjang untuk menjadi calon presiden dalam Pilpres 2014.  Ahok pun resmi diangkat menjadi pelaksana tugas gubernur. Setelah terpilih dalam Pilpres 2014, Joko Widodo resmi mengundurkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2014. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x