Kompas TV entertainment film

Oppenheimer Karya Christopher Nolan Dominasi Oscar dengan 13 Nominasi, Barbie di Tempat Kedua

Kompas.tv - 23 Januari 2024, 22:36 WIB
oppenheimer-karya-christopher-nolan-dominasi-oscar-dengan-13-nominasi-barbie-di-tempat-kedua
Academy Awards hari Selasa (23/1/2024) memberikan banyak nominasi untuk film biografi blockbuster karya Christopher Nolan, Oppenheimer, yang berhasil meraih 13 nominasi Piala Oscar. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

NEW YORK, KOMPAS.TV - Setelah tahun perfilman yang penuh gejolak dengan mogok dan berhentinya produksi, Academy Awards memberikan banyak nominasi untuk film biografi blockbuster karya Christopher Nolan, Oppenheimer. Film ini berhasil meraih 13 nominasi Piala Oscar, Selasa (23/1/2024).

Opus tiga jam karya penyutradaraan Nolan, yang dianggap sebagai unggulan, meraih nominasi untuk film terbaik; penyutradaraan terbaik oleh Christopher Nolan; nominasi berbagai kategori akting untuk Cillian Murphy, Robert Downey Jr., dan Emily Blunt; serta berbagai nominasi penghargaan untuk keterampilan pembuatan film J. Robert Oppenheimer.

Namun, film paling sukses tahun ini, Barbie, mendapatkan jumlah nominasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan mitranya dalam fenomena Barbenheimer.

Komedi feminis karya Greta Gerwig, Barbie, dengan penjualan tiket lebih dari $1.4 miliar, meraih delapan nominasi Piala Oscar, termasuk film terbaik; nominasi aktor pendukung untuk Ryan Gosling; dan dua calon lagu terbaik dalam What Was I Made For dan I’m Just Ken.

Namun, Gerwig dengan mengejutkan tidak masuk dalam nominasi sutradara terbaik. Gerwig sebelumnya dinominasikan sebagai sutradara terbaik tahun 2018 untuk debut sutradara tunggalnya, Lady Bird. Saat itu, dia menjadi perempuan kelima yang dinominasikan untuk penghargaan tersebut.

Sejak itu, Chloé Zhao (Nomadland) dan Jane Campion (The Power of the Dog) memenangkan sutradara terbaik. Sebelum kemenangan tersebut, Kathryn Bigelow (The Hurt Locker, tahun 2010) adalah satu-satunya perempuan yang memenangkan penghargaan pembuatan film terbaik Oscar.

Baca Juga: Aktris Iran Peraih Piala Oscar Ditangkap Usai Ungkap Solidaritas di Media Sosial Bagi Pengunjuk Rasa

Salah satu potongan adegan film Oppenheimer. Academy Awards memberikan banyak nominasi untuk film biografi blockbuster karya Christopher Nolan, Oppenheimer, yang berhasil meraih 13 nominasi Piala Oscar. (Sumber: Oppenheimer Movie)

Baik epik Osage karya Martin Scorsese, Killers of the Flower Moon, maupun karya adaptasi Frankenstein oleh Yorgos Lanthimos, Poor Things, juga meraih pujian luas.

Poor Things meraih 11 nominasi, sedangkan Killers of the Moon dinominasikan untuk 10 Piala Oscar.

Lily Gladstone, bintang Killers of the Flower Moon, menjadi perempuan asli Amerika pertama yang dinominasikan untuk aktris terbaik.

Untuk kesepuluh kalinya, Scorsese dinominasikan untuk sutradara terbaik. Namun, Leonardo DiCaprio tidak masuk dalam nominasi aktor terbaik.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x