Kompas TV entertainment musik

Judika Manggung Nyanyikan Lagu Ahmad Dhani, Ternyata Segini Bayar Royaltinya

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 14:13 WIB
judika-manggung-nyanyikan-lagu-ahmad-dhani-ternyata-segini-bayar-royaltinya
Personel Band Dewa 19 Ahmad Dhani tampil dipanggung saat konser Dewa 19 di Lapangan Udara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/10/3023) malam. (Sumber: ANTARA/Adeng Bustomi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pencipta lagu sekaligus musisi Ahmad Dhani mengunggah bukti pembayaran royalti yang dilakukan penyanyi Judika.

Dalam unggahan akun Instagram @ahmaddhaniofficial, Rabu (24/1/2024), pentolan grup musik Dewa 19 itu memperlihatkan tangkapan layar percakapannya dengan Judika yang menyanyikan dua lagu miliknya.

Terlihat dalam tangkapan layar tersebut bukti pembayaran sebesar Rp15 juta dari pihak yang mengundang Judika untuk manggung.

"Taat Undang-Undang Hak Cipta," tulis Dhani dalam unggahannya tersebut.

Tangkapan layar percakapan Ahmad Dhani dan Judika terkait pembayaran royalti. (Sumber: Instagram @ahmaddhaniofficial)

Nilai royalti untuk lagu Dewa 19 ciptaan Ahmad Dhani yang dinyayikan Judika itu lantas menarik perhatian sejumlah netizen.

Dengan jumlah yang cukup besar, warganet menilai angka tersebut lumrah karena dibawakan oleh penyanyi sekelas Judika yang mungkin bayaran tiap manggungnya mencapai ratusan juta rupiah.

"Meskipun 15 Juta bagi pak Ahmad Dhani (mungkin kecil) tapi begitulah cara seharusnya menghargai Hak Ciptanya," tulis @hlmalmbr.

"Itu mah bayaran Judikanya 1 M kali yaaa, royaltinya aja segitu," tulis @novaladitiara93.

"Make sense kok dan enggk mahal sama sekali, request client kelas kakap minta bawain 2 lagu Dewa dengan bayaran Judika yang ratusan juta, yah 15 juta itu mah enggak ada apa-apany plus menghormati pencipta laguny jga," tulis @ezra_pahala.

"Sebagai awam soal beginian, sistem 'langsungan' gini kayaknya lebih menenangkan..karena gak kena distorsi birokrasi," tulis @alief_josgandos.

"2 Lagu 15 juta. Bayangin aja ketika mereka memainkannya dan tidak ada berbagi samsek, dan berapa potongan dari LMKN," tulis @iqbal.muhammad01.

Baca Juga: Bongkar! Ritual Ahmad Dhani dan Personel Dewa 19 Sebelum Manggung | Behind The Fame



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x