Kompas TV entertainment musik

Band Indonesia Ini Tolak Tampil di Festival Musik AS karena Sponsor Terlibat Genosida Palestina

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 08:05 WIB
band-indonesia-ini-tolak-tampil-di-festival-musik-as-karena-sponsor-terlibat-genosida-palestina
Band Reality Club usai konferensi pers perilisan album baru, Reality Club Presents di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2023). (Sumber: Melvina Tionardus/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

AUSTIN, KOMPAS.TV - Band asal Jakarta, Reality Club mengundurkan diri dari Festival South by Southwest (SXSW) di Amerika Serikat (AS) yang digelar pada 8-16 Maret 2024. Reality Club mundur dari SXSW usai mengetahui Angkatan Darat AS dan sejumlah perusahaan senjata mensponsori festival tersebut.

Band pop ini menyebut militer AS dan perusahaan-perusahaan tersebut memasok senjata yang digunakan Israel membunuh masyarakat Palestina. Reality Club pun mengaku mundur karena tak mau diasosiasikan dengan pihak yang terlibat genosida Palestina.

Baca Juga: Iran Surati Dewan Keamanan PBB, Sebut Israel Berupaya Musnahkan Bangsa Palestina

"Tampil di SXSW selalu menjadi impian kami sejak lama. Kenangan terbaik kami sebagai band adalah ketika diundang (ke SXSW) pada 2020, sebelum dibatalkan karena pembatasan Covid. Ketika kami diundang lagi pada 2024, kami menjadwalkan tur Amerika Utara sesuai festival tersebut," demikian pernyataan Reality Club melalui akun media sosial X band itu, Kamis (15/3/2024).

"Namun, nurani kami tidak mengizinan kami tampil di SXSW di Austin pada 14 dan 15 Maret 2024. Kami menolak diasosiasikan dengan organisasi-organisasi yang terlibat genosida di Palestina."

Meskipun membatalkan penampilan di SXSW, Reality Club mengumumkan bahwa tur Amerika Utara mereka tetap akan berlanjut.

Puluhan musisi dan artis diketahui mundur dari SXSW belakangan ini sebagai protes atas sponsor festival yang terkait operasi militer Israel di Gaza. Per Rabu (13/3), setidaknya sudah ada 80 artis yang memutuskan mundur dari SXSW.


Menurut data terkini Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, serangan Israel telah membunuh setidaknya 31.341 orang di enklave tersebut. Lebih dari setengah korban serangan Israel adalah anak-anak dan perempuan.

Lebih dari 73.134 orang juga terluka akibat serangan Israel di Gaza. Lebih dari 8.000 orang dinyatakan hilang, kemungkinan tertimbun reruntuhan.

Baca Juga: Israel Bunuh Anak-Anak di Gaza Lebih Banyak Dibanding Seluruh Konflik di Dunia 4 Tahun Terakhir


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x