Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Sabar dan Hati-Hati Saat Berada di Belakang Truk, Awas Jangan Salip dari Sisi Kiri

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 15:58 WIB
sabar-dan-hati-hati-saat-berada-di-belakang-truk-awas-jangan-salip-dari-sisi-kiri
Ilustrasi sebuah mobil berusaha menyalip truk yang ada di depannya. (Sumber: Samsung via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pernah mengalami situasi berada di belakang sebuah truk yang tengah berjalan. Terkadang menjengkelkan memang.

Disamping butuh kesabaran, perlu ekstra hati-hati jika ingin menyalipnya, terpenting jangan terburu-buru dan jangan menyalip dari sisi kiri. 

Baca Juga: Truk Box Pengangkut Biskuit Terguling, Jalur Pantura Indramayu Macet

Kalau tidak seperti yang dialami pengendara mobil dalam video tabrakan yang viral. Diunggah oleh akun Warung Jurnalis di Instagram, pada video tersebut, terlihat sebuah mobil menyalip truk dari sisi kiri, kehilangan kendali dan menabrak bagian belakang truk lainnya. 

Karena kerasnya benturan tabrakan, mobil sempat tersangkut di bagian belakang bawah truk.

Menanggapi kejadian itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, bisa dilihat kalau pengemudi tidak sabar atau tidak mau antre, sehingga melakukan tindakan yang tidak terukur.

"Mendahului dari kiri adalah keputusan yang salah, selain tidak diperbolehkan, risikonya juga tinggi karena tidak terlihat oleh pengemudi truk dan ruangnya juga tidak ada," kata Sony, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Jalan Gubernur Syarkawi Masih Rusak, Sopir Truk Rela Antre Lama untuk Menyeberang Gunakan LCT

Melansir Kompas.com, Sony juga mengatakan ada perhitungan yang salah dari si pengemudi.

Sehingga pengemudi melakukan manuver yang diluar kendalinya dan menabrak obyek statis dalam hal ini sebuah truk yang tengah berhenti dan tidak mampu mengerem mobilnya dengan sempurna.

"Mengemudi di belakang truk memang mengundang emosi karena lajunya yang pelan dan berbahaya apabila tidak menjaga jarak atau di tanjakan,” kata Sony.

Baca Juga: Viral Videonya Dorong Truk Susu di Jalan Menanjak Bersalju, Wanita Ini Dihadiahi Susu Gratis Setahun

Oleh karena itu, jika berada di belakang truk, harus menjaga jarak yang lebih aman dan sabar. Jika memang kondisinya aman secara waktu, lalu lintas dan adanya ruang, diperbolehkan untuk menyalip truk tersebut.

“Kalau pengemudi enggak sabar, pasti mengoperasikan mobilnya emosi atau kasar. Kalau sudah emosi, pasti risiko gagalnya tinggi,” pungkasnya.

Baca Juga: Ringsek! Truk Ekspedisi Terguling Akibat Ditabrak Sebuah Mobil SUV di Pademangan 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x