Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Cara Meluangkan Waktu untuk Membaca Buku secara Rutin

Kompas.tv - 10 September 2021, 18:10 WIB
cara-meluangkan-waktu-untuk-membaca-buku-secara-rutin
Ilustrasi orang membaca buku. (Sumber: Christian Wiediger / Unsplash)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Membaca buku tentu merupakan kegiatan yang memberikan segudang manfaat. Selain mendapatkan informasi dan pengetahuan, pembaca juga bisa mendapatkan kepuasan tersendiri dari buku yang dibaca.

Akan tetapi, tidak semua orang melakukan aktivitas membaca secara rutin setiap hari. Salah satu alasannya adalah ketiadaan waktu luang.

Hal ini terjadi terutama kepada orang yang sudah disibukkan oleh pekerjaan dan kewajiban sehari-hari.

Baca Juga: Tips agar Anak Cepat Bisa Membaca Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Meskipun demikian, Anda sejatinya bisa mencari waktu luang untuk membaca di tengah kesibukan. Berikut adalah sejumlah tips untuk menumbuhkan rutinitas membaca di tengah kesibukan sebagaimana disarikan oleh EF English Centers.

1. Membaca saat bangun atau sebelum tidur.

Waktu bangun atau sebelum tidur adalah waktu luang yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membaca. Ketika bangun, Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk membaca sembari menunggu tubuh Anda menyesuaikan diri dari kondisi tidur.

Saat sebelum tidur pun dapat dimanfaatkan untuk membaca. Setelah beraktivitas seharian, membaca buku dapat menjadi rekreasi yang menyenangkan.

Mengingat dua waktu tersebut tergolong waktu istirahat, ada baiknya untuk memilih tema bacaan yang tidak terlalu “berat”. Waktu yang disihkan pun tidak perlu terlalu lama, cukup sekitar 30 menit saja.

2. Selalu membawa bacaan.

Saat beraktivitas sehari-hari, ada baiknya untuk selalu membawa bahan bacaan, entah buku, majalah, ataupun e-book. Membawa bacaan ke mana pun Anda pergi dapat membantu menumbuhkan rutinitas membaca.

Bahan bacaan yang Anda bawa dapat dibaca di sela-sela aktivitas.

Misalnya, ketika Anda sedang menunggu kendaraan umum, menunggu makan siang disajikan, atau sedang mengantre di ruang tunggu.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x