Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Waktu yang Tepat Mengevaluasi Kemampuan Bicara Anak Menurut Ahli

Kompas.tv - 6 November 2021, 11:09 WIB
waktu-yang-tepat-mengevaluasi-kemampuan-bicara-anak-menurut-ahli
Ilustrasi. Bagaimana jika anak masih belum mampu mengucapkan kata dengan jelas pada usia 5 tahun? Apakah orang tua harus khawatir? (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Betapa senangnya orang tua saat mendengar anak mulai mengatakan 'mama' atau 'dada' untuk pertama kalinya, dan kemudian mengembangkan lebih banyak kosa kata, terkadang dalam obrolan bayi yang menggemaskan.

Tetapi bagaimana jika anak masih belum mampu mengucapkan kata dengan jelas pada usia 5 tahun? Apakah orang tua harus khawatir?

“Belum tentu,” kata terapis bahasa wicara Jaime Richmond Buran, seperti dilansir Cleveland Clinic.

“Tetapi tidak ada salahnya untuk mengevaluasi anak Anda. Semakin dini kami mendiagnosis gangguan bicara-bahasa, semakin sedikit dampaknya terhadap kesejahteraan akademis dan sosial anak Anda. Menunggu untuk mengambil tindakan sampai anak Anda mulai sekolah pada usia 5 atau 6 tahun membuat mereka lebih sulit untuk mengejar ketinggalan dengan teman sebayanya.”

Jika mencurigai anak Anda memiliki gangguan bicara-bahasa, ada tiga hal yang disarankan Richmond Buran:

1. Periksa perkembangan verbal anak Anda

"Pada usia 3 tahun, anak-anak harus bisa mengucapkan 't,' 'd,' 'n,' dan beberapa konsonan lainnya," kata Richmond Buran.

“Pendengar yang akrab, seperti orang tua atau pengasuh, harus dapat memahami 75% dari apa yang dikatakan anak. Pada usia 5 tahun, anak-anak seharusnya sudah bisa mengucapkan sebagian besar suara bicara.”

Baca Juga: Jangan Abaikan Sakit Perut pada Anak, Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x