Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Bantu Turunkan Berat Badan dengan Menyeruput Nikmatnya Kopi

Kompas.tv - 10 November 2021, 18:48 WIB
bantu-turunkan-berat-badan-dengan-menyeruput-nikmatnya-kopi
Ilustrasi kopi hitam. Terlepas dari kemampuannya membuat kita merasa terjaga dan aktif, kopi juga dapat membantu menurunkan berat badan. (Sumber: Unsplash)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Kopi menjadi teman sebagian orang saat harus bekerja hingga larut malam atau terjaga hingga subuh. Beberapa orang lainnya menjadikan kopi sebagai menu wajib sarapan.

Banyak dari kita yang bahkan merasa sulit untuk melewati hari tanpa secangkir kopi hangat di pagi hari.

Tapi, terlepas dari kemampuannya membuat kita merasa terjaga dan aktif, kopi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Saat meminum kopi tanpa gula, manfaat yang akan diberikan oleh secangkir kopi menjadi berlipat ganda. Kopi hitam juga memberikan lebih dari sekadar kafein dan rasa yang menenangkan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, minum empat cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh sekitar 4 persen.

Baca Juga: Mengenal Diabesitas, Perpaduan Diabetes dan Obesitas

Inilah cara kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan, seperti dilansir NDTV:

1. Kalori dalam Kopi Hitam

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir kopi hitam biasa yang diseduh dari biji mengandung dua kalori.

Satu ons espresso hitam di sisi lain, hanya mengandung satu kalori. Jumlah kalori dalam kopi Anda dikurangi menjadi nol jika Anda menggunakan biji tanpa kafein.

2. Kopi Hitam Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam juga mengandung zat yang disebut asam klorogenat, yang telah terbukti membantu penurunan berat badan.

Kehadiran asam klorogenat dalam kopi hitam menunda pembentukan glukosa dalam tubuh setelah makan malam.

Selanjutnya, pembentukan sel-sel lemak baru berkurang, sehingga kalori dalam tubuh lebih sedikit.

"Asam klorogenat dalam kopi bertindak sebagai antioksidan. Ini membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, membantu penurunan berat badan, dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh," kata Dr Simran Saini dari Rumah Sakit Fortis.

3. Kopi Hitam Mengontrol Rasa Lapar

Kafein, salah satu komponen kopi, diketahui memiliki berbagai dampak pada tubuh kita. Kafein adalah stimulan alami yang membantu otak dan sistem saraf pusat kita tetap aktif dan fokus. Ini juga membantu dalam peningkatan tingkat energi kita.

4. Membakar Lemak

Biji kopi hijau membantu meningkatkan kapasitas pembakaran lemak tubuh kita. Ini menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak enzim pembakar lemak.

Biji kopi ini juga bekerja sebagai pembersih alami untuk hati. Ia bekerja dengan membersihkan hati dan menghilangkan kolesterol jahat dan lipid yang berlebihan, memungkinkan metabolisme kita berfungsi lebih efisien.

5. Mengurangi Kelebihan Cairan

Kopi hitam juga dikatakan sebagai penyembuh alami. Banyak orang merasa berat karena kelebihan cairan.

Baca Juga: Cegah Obesitas, Jaga Tubuh Tetap Langsing dan Sehat di Tengah Pandemi

Menurut para ahli kesehatan, kopi hitam membantu menghilangkan kelebihan air dari tubuh. Pendekatan ini membantu dalam penurunan berat badan tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Penurunan berat badan ini, bagaimanapun, mungkin bersifat sementara.

Jadi, sekarang Anda tahu bagaimana kopi hitam dapat membantu Anda menurunkan berat badan! Tetapi, pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan sesuatu yang baru ke dalam diet Anda.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x