Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Mumet Yakinkan Publik Usai Debat, Demokrat Cari Pengganti tapi Sulit, Ini Sebabnya

Kompas.tv - 29 Juni 2024, 15:12 WIB
biden-mumet-yakinkan-publik-usai-debat-demokrat-cari-pengganti-tapi-sulit-ini-sebabnya
Presiden Joe Biden berpidato selama rapat umum kampanye, Jumat, 28 Juni 2024, di Raleigh, Carolina Utara. Biden hari Jumat, 28/6/2024, mumet dan bekerja keras meredakan kekhawatiran Demokrat atas penampilannya yang payah saat debat melawan mantan Presiden Donald Trump. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Joe Biden hari Jumat, 28/6/2024, mumet dan bekerja keras meredakan kekhawatiran Demokrat atas penampilannya yang payah saat debat melawan mantan Presiden Donald Trump. Anggota partainya bersatu mendukungnya untuk menghentikan pembicaraan tentang menggantikannya sebagai calon utama.

Penyampaian Biden yang gagap dan komentarnya yang bertele-tele, terutama di awal debat, menimbulkan kekhawatiran bahkan dari anggota partainya sendiri bahwa pada usia 81 tahun, dia tidak lagi mampu memimpin negara selama empat tahun ke depan.

Hal ini menciptakan momen krisis bagi kampanye dan kepresidenan Biden, saat anggota partainya mempertimbangkan pengganti potensial, dan para donatur serta pendukung tidak bisa menahan kekhawatiran mereka tentang penampilannya melawan Trump.

Biden tampaknya mengakui kritik tersebut selama rapat umum di Raleigh, North Carolina, dengan mengatakan, "Saya tidak berdebat sebaik dulu." Tapi dia menambahkan, "Saya tahu bagaimana melakukan pekerjaan ini. Saya tahu bagaimana menyelesaikan sesuatu."

Berbicara selama 18 menit, Biden tampak jauh lebih bersemangat dibandingkan malam sebelumnya saat dia mencerca Trump atas “kebohongannya” dan atas kampanye yang diarahkan pada “balas dendam dan pembalasan.”

Penampilan debat Presiden Joe Biden yang tergagap-gagap membuat beberapa orang di partainya sendiri mulai mempertanyakan apakah dia harus diganti di tiket pemilu sebelum November.

Belum ada bukti Biden bersedia mengakhiri pencalonannya. Dan hampir tidak mungkin bagi Demokrat untuk menggantikannya kecuali dia memilih untuk mundur. Berikut alasannya, menurut laporan dari Associated Press, Sabtu, 29/6/2024.

Baca Juga: Janji Biden Usai Bikin Khawatir di Debat Perdana, Yakin Bisa Menang Pemilihan Presiden 2024

Kandidat presiden dari Partai Republik mantan Presiden Donald Trump berbicara dalam debat presiden yang diselenggarakan oleh CNN dengan Presiden Joe Biden, Kamis, 27 Juni 2024, di Atlanta. (Sumber: AP Photo)

Delegasi Negara Bagian yang Dimenangkan Biden Tetap Mendukungnya

Setiap negara bagian sudah memilih calon presiden melalui nominasi dari delegasi partai yang dipilih di negara bagian.

Aturan Demokrat mengatakan para delegasi yang dimenangkan Biden harus mendukungnya di konvensi nasional partai yang akan datang kecuali dia memberitahu mereka bahwa dia meninggalkan perlombaan.

Presiden menunjukkan dia tidak berniat mundur dari pencalonan, mengatakan kepada pendukungnya di Atlanta, "Mari terus maju." Juru bicara kampanye Biden, Lauren Hitt, bahkan lebih jelas lagi, mengatakan pada hari Jumat, "Tentu saja dia tidak akan mundur."

Konvensi dan aturannya dikendalikan oleh partai politik. Komite Nasional Demokrat dapat berkumpul sebelum konvensi dibuka pada 19 Agustus dan mengubah cara kerjanya, tetapi itu tidak mungkin selama Biden ingin terus mencalonkan diri.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x