Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Orang Tua Perlu Tahu, Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Kompas.tv - 26 Desember 2021, 16:25 WIB
orang-tua-perlu-tahu-cara-mengatasi-hidung-tersumbat-pada-bayi
Ilustrasi. Untuk sebagian orang tua, membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi cukup menyulitkan, terlebih jika itu adalah anak pertama mereka. (Sumber: Cleveland Clinic)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Terkadang hidung tersumbat pada balita atau bayi menyebabkan mereka tampak tersiksa dan mengganggu aktivitas bermain mereka.

Untuk sebagian orang tua, membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi cukup menyulitkan, terlebih jika itu adalah anak pertama mereka.

Apa metode terbaik untuk mengatasi kemacetan bayi Anda? “Itu tergantung pada usia anak,” kata dokter anak Amy Sniderman, MD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Dr Sniderman membagikan solusi terbaiknya untuk menghilangkan ingus dan memberikan tip untuk membantu anak Anda belajar melegakan hidungnya sendiri juga!

Baca Juga: 8 Hal yang Ibu Perlu Tahu tentang Menyusui Bayi Menggunakan Botol

Cara menghilangkan hidung tersumbat pada bayi

“Hidung yang tersumbat lendir dapat membuat bayi sulit bernapas dan makan dengan benar – terutama bagi bayi kecil yang menyusui atau makan dari botol,” kata Dr Sniderman.

Menjaga kelebihan lendir juga dapat menangkal infeksi kulit yang disebabkan oleh bocornya lendir di sekitar hidung anak Anda.

“Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan alat pengisap hidung bayi yang praktis seperti aspirator hidung atau pengisap ingus,” kata Dr Sniderman.

Dengan aspirator hidung, Anda dapat mengisap dengan cara meremas bulatan seperti bohlam dan kemudian meletakkannya dengan lembut di hidung anak Anda dan melepaskannya.

Dengan pengisap ingus, Anda dapat mengisap dengan mulut Anda — tetapi tabung panjang dan tipis dengan membran di atasnya terletak di antara Anda dan botol besar yang masuk ke hidung mereka.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x