Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Cuma Modal Body Lotion Bisa Bikin Kulit Cerah, Begini Tips dari Dokter Kulit

Kompas.tv - 11 Februari 2023, 21:03 WIB
cuma-modal-body-lotion-bisa-bikin-kulit-cerah-begini-tips-dari-dokter-kulit
Ilustrasi. Dokter kulit dan ahli skincare, Dr Yessica Tania, mengatakan cukup dengan menggunakan body lotion secara rutin, dapat mencerahkan kulit. (Sumber: Pexels/Karolina Grabowska )
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kulit yang sehat dan cerah identik dengan perawatan yang banyak dan mahal. Apa alternatif yang murah untuk mencerahkan kulit? Body lotion solusinya.

Dokter kulit dan ahli skincare, Dr Yessica Tania, mengatakan cukup dengan menggunakan body lotion secara rutin, dapat mencerahkan kulit.

“Memakai body lotion secara rutin tidak hanya dapat melembabkan kulit tubuh kita, melainkan juga mencerahkan,” kata Yessica di acara Wonderly Pamering Day, Kamis (9/2/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Terungkap, Studi Sebut Orang yang Merasa Kurang Menarik Cenderung Tetap Pakai Masker usai Covid-19

Penggunaan body lotion harus disesuaikan dengan aktivitas Anda sehari-hari. Jika Anda terbiasa berkegiatan di dalam ruangan, body lotion cukup diaplikasikan di area kulit yang terlihat.

"Tetapi kalau kita lebih sering berkegiatan di luar ruangan (outdoor), gunakan body lotion di seluruh tubuh yang tidak terlihat sekalipun, karena pakaian yang kita kenakan tidak sepenuhnya melindungi area tersebut," jelas dia.

Cara Tepat Pakai Body Lotion

Dilansir New Beauty, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengaplikasikan body lotion pada tubuh, di antaranya:

1. Oleskan setelah mandi

Dokter kulit yang berbasis di New York, Jody Levine, mengatakan waktu terbaik untuk memakai body lotion adalah setelah mandi. Pasalnya, kulit masih lembab sehingga kandungan pada produk body lotion bisa menyerap dengan baik.

“Yang terbaik adalah mengoleskan losion atau krim saat kulit Anda lembab, karena kulit lembab lebih mudah menyerap losion,” ujar Levine.

2. Meminjat

Tak hanya mengoleskannya, memijat bagian tubuh saat mengaplikasikan body lotion juga dapat membantu penyerapan yang lebih baik.

Levine bilang, gerakan memutar bisa dilakukan untuk membantu mengurangi kulit kusam dan meningkatkan kelembaban kulit.

Baca Juga: 5 Rebusan Daun yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker

3. Perhatikan tekstur

Tekstur body lotion juga harus diperhatikan. Pilih body lotion yang memiliki tekstur kental saat cuaca dingin.

Dokter kulit, Tami Buss Cassis, menjelaskan, tekstur kental pada losion biasanya dibuat dengan kandungan alkohol dan air yang lebih sedikit sehingga menghidrasi dengan lebih baik.

“Ini memang tidak mudah diaplikasikan, butuh sekitar 2 menit ekstra, tapi itu sepadan,” jelas dia.


 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x