Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

15 Ide Usaha Rumahan di Bulan Puasa, Ini yang Berpotensi Paling Laris

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 16:06 WIB
15-ide-usaha-rumahan-di-bulan-puasa-ini-yang-berpotensi-paling-laris
Ilustrasi. 15 ide usaha rumahan yang laku di bulan puasa (Sumber: SHUTTERSTOCK/MAMA_MIA)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tidak terasa sebentar lagi umat Islam akan kembali menyambut bulan suci Ramadan atau bulan puasa.

Pada bulan ini, umat Islam berpuasa di siang hari, dan melaksanakan salat Tarawih di malam hari. Nuansa berbeda pun akan terasa sepanjang bulan Ramadan.

Ada banyak tradisi, makanan, dan kebiasaan yang hanya ada di bulan Ramadan. Itulah yang membuat bulan puasa begitu istimewa.

Biasanya momen ini dimanfaatkan untuk mencari rezeki dengan membuka usaha, misalnya menjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa atau barang-barang khas Ramadan.

Beberapa peluang usaha juga bisa dilakukan di rumah sehingga cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan.

Dengan memanfaatkan peluang dan momen yang ada, usaha rumahan di bulan puasa pun bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Jelang Ramadan 2023, Ini Syarat Sah dan Wajib Puasa, Salah Satunya Mumayiz, Apa Itu?

Berikut rekomendasi ide usaha rumahan yang laku di bulan puasa.

Usaha Rumahan yang Laris di Bulan Puasa

1. Berjualan aneka takjil

Ramadan sangat khas dengan sajian takjil yang biasanya muncul di waktu sebelum berbuka puasa. Menurut KBBI daring, takjil adalah penganan dan minuman untuk berbuka puasa. Takjil biasanya muncul dalam bentuk makanan ringan mulai dari yang bercita rasa manis hingga asin.

2. Jualan es buah

Saat bulan puasa, banyak orang yang ingin berbuka dengan yang manis dan segar. Anda bisa mengambil peluang ini dengan berjualan es buah.

Es buah mudah dibuat. Cukup dengan menggunakan beberapa jenis buah yang diiris-iris kemudian dicampur dengan es batu dan sirop.

3. Jualan gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan ringan yang laris di bulan puasa. Sering kali mereka yang berbuka puasa di jalan, memilih gorengan sebagai pengganjal sebelum makan makanan yang berat.

4. Menjadi reseller kurma

Bulan puasa juga identik dengan kurma. Hal ini karena Rasulullah menganjurkan umatnya berbuka puasa dengan kurma. Tidak mengherankan jika permintaan terhadap kurma akan meningkat selama Ramadan.

5. Menyediakan jasa catering buka puasa dan sahur

Ini juga merupakan usaha rumahan yang berpotensi laku saat bulan puasa, terlebih di kawasan yang ditinggali banyak mahasiswa atau karyawan.

Ide usaha ini muncul lantaran banyak yang tak sempat memasak atau menyiapkan hidangan buka puasa dan sahur karena kesibukan.

Untuk bisa bersaing dengan usaha serupa, pastikan hidangan yang ditawarkan berbeda setiap harinya supaya pelanggan tidak jenuh.

6. Jadi reseller baju Lebaran untuk orang dewasa

Sehabis berpuasa selama satu bulan, umat Islam akan merayakan hari raya Idulfitri atau Lebaran. Di Indonesia, Lebaran identik dengan memakai baju baru. Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan menjadi reseller baju muslim atau muslimah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x