Kompas TV internasional kompas dunia

Menangkan 2 Kursi Georgia Hari Ini, Partai Demokrat Jadi Mayoritas di Senat Amerika Serikat

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 18:26 WIB
menangkan-2-kursi-georgia-hari-ini-partai-demokrat-jadi-mayoritas-di-senat-amerika-serikat
Jon Ossoff, kiri, dan Raphael Warnock, kanan, melambai ke kerumunan saat rapat umum kampanye di Augusta, Georgia, Senin, 4 Januari 2021. Keduanya memenangkan pemilihan senat di Georgia pada 05 Januari 2021. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

ATLANTA, KOMPAS TV — Partai Demokrat di Amerika Serikat memenangkan dua kursi senat di negara bagian Georgia, yang mebuat partai tersebut menjadi mayoritas di Senat Amerika Serikat berdasarkan 98 persen penghitungan suara sementara.

Kandidat dari partai Demokrat Jon Ossoff dan Raphael Warnock meraih suara terbanyak pada pemilihan anggota senat di negara bagian Georgia dengan masing-masing hanya unggul tipis dari pesaing mereka dari partai Republik, petahana David Perdue dan Kelly Loeffler. demikian dilansir Associated Press, Kamis (07/01/2021). 

John Ossoff unggul tipis meraih 50,4 persen dengan 2,238,939 suara sementara pesaingnya David Perdue 49,6 persen dengan 2,203,324. Sementara itu Raphael Warnock meraih 50,8 persen dengan 2,257,858 sementara pesaingnya Kelly Loeffler meraih 49,2 persen dengan 2,184,454 suara. 

Baca Juga: Telepon Donald Trump ke Sekretaris Negara Bagian Georgia Kembali Munculkan Tuntutan Pemecatan

Kemenangan ini membuat Partai Demokrat mendominasi tiga cabang kekuasaan pembuatan kebijakan di negeri itu, yaitu kursi kepresidenan yang akan dipegang Joe Biden dengan wakilnya Kamala Harris, kursi mayoritas di Kongres atau DPR AS dengan perbandingan 222 kursi partai demokrat dan 211 suara partai Republik dan dua kursi menunggu pemilihan.

Sementara, di kursi senat, partai Demokrat dan partai Republik kini sama-sama memiliki 50 kursi, namun wakil presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, memiliki suara setara seorang anggota senat sehingga komposisinya menjadi 51 suara senat Partai Demokrat dan 50 suara Partai Republik. 

Prestasi Partai Demokrat ini merupakan pukulan telak bagi Partai Republik dan Presiden petahana Donald Trump, dan membuat presiden terpilih Joe Biden dapat melaksanakan agenda-agenda progresifnya tanpa halangan berarti, karena setiap kebijakan besar berbentuk undang-undang perlu mendapat persetujuan Kongres dan Senat. 

Raphael Warnock, anak buruh miskin perkebunan kapas dan warga kulit hitam Georgia pertama yang terpilih mewakili rakyat negara bagian Georgia di Senat Amerika Serikat. Warnock menang pemilu negara bagian pada 5 Januari 2021. (Sumber: AP Photo)

Baca Juga: Ditekan Trump untuk Ubah Hasil Pilpres AS 2020, Pemimpin Negara Bagian Georgia Menolak

Warnock adalah seorang pastur yang bekerja di tempat yang sama dengan pejuang hak asasi Amerika Serikat, Martin Luther King Jr, dan menjadi warga kulit hitam Georgia pertama yang terpilih untuk duduk di kursi senat mewakili Georgia. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x