Kompas TV internasional kompas dunia

Risau Akan Kredibilitas Perlindungan Data Pribadi Rakyatnya, Inggris Selidiki Rekaman Ciuman Menteri

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 23:14 WIB
risau-akan-kredibilitas-perlindungan-data-pribadi-rakyatnya-inggris-selidiki-rekaman-ciuman-menteri
Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock (saat itu) tiba di gedung BBC di London, Minggu (16/5/2021). (Sumber: Yui Mok/PA via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Badan pengawas data Inggris mengatakan pihaknya menyita sejumlah komputer dalam penyelidikan tentang bocornya rekaman kamera pengawasan atau CCTV yang menampilkan mantan Menteri Kesehatan Matt Hancock sedang berciuman penuh hasrat dengan seorang penasihat di kantornya yang dituding merupakan selingkuhannya. 

Matt Hancock mundur dari jabatannya Juni lalu setelah rekaman CCTV berisi ciuman mesra sang menteri dengan penasihatnya dimuat oleh surat kabar The Sun.

Saat itu, berdekatan dengan yang bukan anggota keluarga inti dianggap melanggar aturan pembatasan Covid-19, yang mana aturan tersebut dibuat oleh menteri kesehatan yang terlihat berciuman mesra dengan penasihatnya. 

Pada hari Kamis, Kantor Komisioner Informasi (ICO) mengatakan komputer pribadi dan peralatan elektronik disita untuk mengetahui bagaimana gambar dari CCTV itu bisa jatuh ke tangan publik.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Inggris Mundur Usai Ketahuan Berselingkuh

Warga mengantre di luar Bridge Park Community Leisure Center untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 di Brent, London barat laut, Inggris, pada 19 Juni 2021. (Sumber: Xinhua/Ray Tang)

Perusahaan yang menangani kamera pengawas di kementerian kesehatan melaporkan kebocoran data kepada otoritas pengawasan. Mereka mengatakan gambar tersebut diambil tanpa sepengetahuan mereka ataupun Kementerian Kesehatan.

"Adalah sangat penting bahwa semua orang, termasuk pegawai kantor pemerintah dan anggota masyarakat yang berinteraksi dengan mereka, memiliki kepercayaan dan keyakinan tentang perlindungan data pribadi mereka," kata Steve Eckersley, Direktur Penyelidikian ICO.

"Dalam keadaan ini, ICO akan bereaksi dengan cepat dan efektif untuk menyelidiki jika ada risiko orang lain telah mendapatkan data pribadi secara tidak sah. Kami sedang melakukan penyelidikan dan tidak akan berkomentar lebih jauh sampai mendapat kesimpulan."

Baca Juga: Mantan Youtuber Curi Uang di Petshop, Aksinya Terekam CCTV

 



Sumber : The Sun



BERITA LAINNYA



Close Ads x