Kompas TV internasional kompas dunia

Merawat Ingatan Tragedi Penyerangan WTC Lewat 4 Pameran dalam 9/11 Memorial and Museum

Kompas.tv - 11 September 2021, 11:11 WIB
merawat-ingatan-tragedi-penyerangan-wtc-lewat-4-pameran-dalam-9-11-memorial-and-museum
'9/11 Memorial and Museum' di World Trade Center, New York, Amerika Serikat. (Sumber: Dok. Tom Hennes via 911memorial.org)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

NEW YORK, KOMPAS.TV - Dua puluh tahun berlalu, tragedi penyerangan World Trade Center (WTC) di New York, Amerika Serikat (AS) pada 11 September 2001 masih meningggalkan pilu dan duka bagi banyak orang.

Untuk menghormati para korban dan dan mengenang peristiwa tersebut sebagai sebuah pembelajaran, pemerintah setempat telah mendirikan monumen dan museum di lokasi kejadian.

Yakni '9/11 Memorial and Museum', tempat di mana pengunjung dapat menyaksikan barang-barang koleksi yang berkaitan dengan aksi penyerangan menara kembar itu.

Melansir laman resmi 9/11 Memorial and Museum, pihak pengelola juga menggelar empat pameran atau eksibisi yang dapat memberi berbagai pengalaman menyelemai tragedi tersebut.

Baca Juga: 9/11: Ini Foto-Foto Tak Terlupakan Tragedi Serangan 11 September 2001

Pameran Historical Exhibition: September 11, 2001 dalam 9/11 Memorial and Museum di World Trade Center, New York, Amerika Serikat. (Sumber: Dok. Jin S. Lee via 911memorial.org)

1. Historical Exhibition: September 11, 2001

Pameran ini mencoba untuk menceritakan kembali tragedi penyerangan tersebut menggunakan artefak, gambar, cerita saksi mata, arsip suara, dan rekaman video.

Penggambaran ulang tragedi 9/11 oleh pameran ini dibagi ke dalam tiga bagian, yakni Before 9/11, Events of the Day, dan After 9/11.

Setiap bagian tersebut menunjukkan serangkaian kisah dari sebelum hari penyerangan hingga dampak setelah penyerangan.

Dengan demkian, lewat eksibisi ini, pengunjung dapat mengetahui rentetan cerita mulai dari latar belakang aksi penyerangan, hari terjadinya penyerangan, dan dampak langsung dari aksi penyerangan tersebut.

2. Memorial Exhibition: In Memoriam

Pameran ini khusus dibuat untuk menghormati kepergian 2.977 orang yang terbunuh dalam aksi penyerangan tersebut.



Sumber : Kompas TV/Laman 911memorial.org



BERITA LAINNYA



Close Ads x