Kompas TV internasional kompas dunia

Ajaib! Rumah Ini Tak Rusak Meski Dikepung Terjangan Lahar

Kompas.tv - 25 September 2021, 20:55 WIB
ajaib-rumah-ini-tak-rusak-meski-dikepung-terjangan-lahar
Rumah di La Palma, Spanyol yang masih utuh kendati area sekitarnya hangus oleh aliran lahar hasil letusan Gunung Cumbre Vieja. (Sumber: Emilio Morenatti/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LA PALMA, KOMPAS.TV - Sebuah rumah di La Palma, Kepulauan Canaria, Spanyol selamat dari aliran lahar yang mendera di area sekitarnya. Foto dari drone menunjukkan rumah itu masih utuh dengan segelintir pohon di halaman yang juga tak tersentuh. Padahal, di sekitar rumah itu tampak area luas yang hangus terkena arus lahar.

Melansir laporan The Guardian, warganet di media sosial menjulukinya sebagai "rumah keajaiban". Ia berhasil selamat dari aliran lahar erupsi Gunung Cumbre Viejo yang meletus sejak Minggu (19/9/2021) lalu.

Baca Juga: Ledakan Vulkanik di Gunung Berapi Kepulauan Canary Kian Tinggi, Pemadam Kebakaran Spanyol Mundur

Rumah itu terletak di El Paraiso, hanya sekitar tiga kilometer dari lokasi letusan. Setelah erupsi, lebih dari setengah rumah di El Paraiso hancur oleh lahar, termasuk sekolah yang ada di tempat itu.

Menurut warga setempat yang membangun rumah tersebut, Ada Monnikendam, rumah itu dimiliki oleh pasangan pensiunan asal Denmark yang sedang tidak berada di La Palma ketika erupsi. Pasangan itu sengaja membangun rumah di La Palma karena tertarik dengan lanskap pegunungan berapinya.

"Kami menangis seperti orang sinting saat saya memberi tahu mereka bahwa rumah tercinta mereka masih utuh," kata Monnikendam kepada El Mundo sebagaimana dikutip The Guardian.

Aliran lahar Cumbre Vieja telah menghancurkan permukiman, ladang, serta infrastruktur lain. Gunung yang sebelumnya erupsi pada 1971 itu juga masih mengalirkan lahar.

Melansir Associated Press, erupsi ini telah menghancurkan lebih dari 400 bangunan dan memaksa 7.000 lebih orang mengungsi. 

Baca Juga: Hujan Lebat, 3.642 Rumah di Gunung Mas Kalteng Terendam Banjir



Sumber : The Guardian/Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x