Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Meksiko Kirim Unit Khusus AntiRanjau ke Medan Perang Kartel

Kompas.tv - 19 Februari 2022, 14:58 WIB
tentara-meksiko-kirim-unit-khusus-antiranjau-ke-medan-perang-kartel
Tentara Meksiko berpatroli di dekat Dusun Naranjo de Chila, Aguililla, Michoacan, Jumat (18/2/2022). Dusun itu merupakan tempat kelahiran pemimpin kartel Jalisco, Nemesio Oseguera alias El Mencho. (Sumber: Armando Solis/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

AGUILILLA, KOMPAS.TV - Angkatan Bersenjata Meksiko telah mengirimkan unit khusus pasukan antiranjau ke medan perang kartel di negara bagian Michoacan, barat Meksiko. Area Michoacan rawan ranjau darat atau alat peledak improvisasi (IED) akibat perang antarkartel narkoba.

Ranjau darat atau IED rentan mengenai warga sipil serta aparat. Sehingga, penerjunan unit khusus antiranjau diperlukan.

Unit khusus tersebut dilengkapi dengan detektor metal dan pakaian khusus penjinak bom untuk mengamankan area.

Ranjau kartel sendiri menelan korban sipil pertama pada pekan lalu. Ledakan ranjau menewaskan seorang petani yang mengendarai truk. Anaknya juga terluka dalam insiden itu.

Ranjau yang mengenai petani itu diduga disebabkan bahan peledak yang memuat ammonium nitrat.

Baca Juga: Misteri Ratusan Burung Berjatuhan dari Langit di Meksiko, Hal Ini Diyakini Jadi Penyebabnya

Belakangan ini, unit khusus telah menemukan puluhan bahan peledak sepanjang jalanan pedesaan di Aguililla, daerah setingkat kabupaten di Michoacan, Meksiko.

Angkatan Bersenjata pun mendemonstrasikan cara kerja unit khusus pada Jumat (18/2/2022). Seorang petugas dengan detektor metal memimpin barisan mendekati sebuah titik mencurigakan. Setelah alatnya menunjukkan tanda, ia memanggil rekannya yang mengenakan baju khusus penjinak bom.

Tentara Meksiko mendemonstrasikan cara mendeteksi dan menjinakkan ranjau di dekat Dusun Naranjo de Chila, Aguililla, Michoacan, Jumat (18/2/2022). Ranjau darat dan bahan peledak yang ditanam kartel di Michoacan rentan mengenai warga sipil. (Sumber: Armando Solis/Associated Press)

Ranjau darat dikhawatirkan banyak bertebaran di Aguililla. Tentara Meksiko baru bisa memasuki daerah ini pada 8 Februari 2022 lalu. Sebelumnya, daerah ini dikuasai kartel Jalisco.

Pemimpin kartel Jalisco, Nemesio “El Mencho” Oseguera pun berasal dari Aguililla, tepatnya dari Dusun Naranjo de Chila.

Kartel diketahui menggunakan berbagai bahan peledak canggih dalam perang di Michoacan. Sejauh ini, tentara tidak hanya menemukan ranjau darat yang meledak oleh tekanan. Mereka juga menemukan bahan peledak yang bisa diledakkan dengan picu sinyal radio atau telepon.

Di Aguililla, kartel telah membangun parit, gardu pertahanan, serta merakit mobil lapis baja dan drone pengebom. 

Negara bagian Michoacan diperebutkan oleh kartel Jalisco dengan geng lokal, Viagras alias United Cartels selama bertahun-tahun. 

Michoacan merupakan rute penting bagi penyelundupan narkoba dan memiliki pelabuhan yang dikehendaki organisasi kriminal.

Selain itu, organisasi kriminal yang menguasai negara bagian itu memiliki kesempatan untuk memeras petani alpukat dan jeruk nipis.

Baca Juga: Kartel Meksiko Makin Canggih, Kini Gunakan Ranjau IED dan Drone Pengebom
 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x