Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Tiga Perdana Menteri Negara Uni Eropa Tiba di Kiev Ukraina, Ada Misi Apa

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 05:50 WIB
tiga-perdana-menteri-negara-uni-eropa-tiba-di-kiev-ukraina-ada-misi-apa
Perdana Menteri Polandia bersama PM Slovakia dan PM Republik Ceko tiba di Kiev, Ukraina, naik kereta api. (Sumber: Twitter/Mateusz Morawiecki)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

KIEV, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Polandia, Slovenia dan Republik Ceko tiba di Ibu Kota Ukraina, Kiev, dengan kereta api, untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal. 

"Tiga Perdana Menteri negara anggota Uni Eropa itu tiba di Kiev atas nama Uni Eropa," kata Shmyal di Twitter, memuji 'keberanian teman sejati' seperti dilaporkan CNN, Rabu (16/3/2022).

Ia menambahkan, para pemimpin tiga negara Uni Eropa itu akan membahas dukungan ke Ukraina dan penguatan sanksi terhadap agresi Rusia.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki juga men-tweet foto-foto kegiatan tersebut saat bercakap dengan perdana menteri lain yang berkunjung.

“Di sinilah, di Kiev yang dilanda perang, sejarah sedang dibuat. Di sinilah, dunia yang merdeka berjuang melawan dunia tirani. Di sinilah masa depan kita semua bergantung pada keseimbangan. UE mendukung UA, yang dapat mengandalkan bantuan teman-temannya - kami membawa pesan ini ke Kiev hari ini," kata Morawiecki.

Baca Juga: Tiga Pemimpin Negara Uni Eropa Sudah dalam Perjalanan ke Kiev Ukraina Naik Kereta Api, Sungguh Nekat

PM Polandia Mateusz Morawiecki (kiri), mitranya dari Ceko Petr Fiala (tengah) dan Janez Jansa dari Slovenia (kanan). Perdana Menteri Polandia, Slovenia dan Republik Ceko pergi dengan kereta api ke Kiev untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Perdana Menteri Denys Shmyhal, seperti laporan CNN, Selasa, (15/3/2022) (Sumber: Al Jazeera)

Ketiga negara Eropa Tengah tersebut merupakan bekas negara komunis yang kini tergabung dalam Uni Eropa dan NATO.

"Kereta api yang membawa tiga pemimpin negara Uni Eropa itu berangkat sebelum pukul 9 pagi waktu setempat," kata kepala Kanselir Perdana Menteri Polandia, Michal Dworczyk, Selasa (15/3).

Yang berangkat ke Kiev adalah PM Polandia Mateusz Morawiecki dan wakilnya, Jaroslaw Kaczynski, PM Slovenia Janez Jansa dan PM Republik Ceko Petr Fiala.

"Tujuan dari kunjungan itu adalah untuk memastikan dukungan tegas dari seluruh Uni Eropa untuk kedaulatan dan kemerdekaan Ukraina, dan untuk memberikan paket dukungan yang luas bagi negara dan masyarakat Ukraina," kata seorang juru bicara pemerintah Polandia.



Sumber : Kompas TV/CNN



BERITA LAINNYA



Close Ads x