Kompas TV internasional kompas dunia

Ular Ini Punya Pertahanan Diri yang Unik, Gunakan Kentut untuk Mengecoh Musuhnya

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 12:10 WIB
ular-ini-punya-pertahanan-diri-yang-unik-gunakan-kentut-untuk-mengecoh-musuhnya
Ular Berhidung Kait Barat dikenal memiliki sistem pertahanan unik, yaitu kentut untuk membingungkan lawannya. (Sumber: Ashley Wahlberg/Flickr Via Oddity Central)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Seekor ular kecil memiliki pertahanan diri yang unik, yaitu menggunakan kentut untuk mengecoh musuhnya.

Ular Hidung Kait Barat, yang merupakan ular kecil endemi gurun Amerika Serikat dan Meksiko itu menggunakan cara yang unik tersebut untuk selamat.

Biasanya ular menggunakan bisa mematikan untuk melindungi diri seperti Kobra dan Ular Derik.

Selain itu ular seperti Piton dan Boa memiliki otot yang kuat sehingga bisa meremukkan lawan dan mangsanya.

Baca Juga: Penangkap Ular Terkenal Setingkat Steve Irwin Digigit Kobra, Langsung Alami Serangan Jantung

Tetapi Ular Hidung Kait Barat tak memiliki keduanya, jadi ia bergantung pada mekanisme pertahanan yang lebih tak biasa, kentut.

Dikutip dari Oddity Central, ular tersebut mengeluarkan gelembung udara bergemuruh dari kloaka, lubang umum untuk ekskresi di bagian belakang ular.

Cara pertahanan aneh ini dirancang untuk membingungkan pemangsa cukup lama, sehingga ular bisa melarikan diri.

Ahli Morfologi Ekspreimental di Kampus Lafayette, Easton, Pennsylvania mengatakan, Ular Berhidung Kait Barat menghasilkan kentut khas mereka dengan menggunakan dua set otot untuk mengisolasi kantong udara yang dikompresi.

Kemudian ia mengontraksikan otot yang berfungsi menutup jalur atau bukaan pada kloaka untuk mengeluarkannya dengan paksa.

Baca Juga: China Umumkan Kasus Kematian Covid-19, Pertama Kali dalam Setahun Lebih

Suara kentut yang dihasilkan oleh ular kecil ini bisa mencapai sekitar 20 meter hanya dalam dua persepuluh detik, dan biasanya berulang.

Meski bukan kentut paling berisik menurut standar manusia, bagi hewan lain bisa sangat membingungkan.

Young melakukan beberapa eksperimen laboratorium dan memperhatikan bahwa beberapa spesimen kentut ular itu begitu kuat, sehingga mereka terangkat sendiri dari tanah.

Ular Berhidung Kait Barat dan Ular Karang Arizona menjadi satu-satunya spesies yang menggunakan kentut sebagai mekanisme pertahanan alami.




Sumber : Oddity Central


BERITA LAINNYA



Close Ads x