Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Angelina Jolie Bikin Kejutan, Muncul di Lviv, Temui Pengungsi Anak-Anak Ukraina

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 04:30 WIB
angelina-jolie-bikin-kejutan-muncul-di-lviv-temui-pengungsi-anak-anak-ukraina
Angelina Jolie, aktris Hollywood dan duta besar UNHCR terlihat bersama anak-anak di Lviv, Ukraina, Sabtu, 30 April 2022. Jolie berada di Ukraina untuk bertemu dengan anak-anak yang terkena dampak perang dan mengunjungi rumah sakit dan LSM membantu yang terluka dan mengungsi. (Sumber: Maksym Kozutsky/Lviv City Hall via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

LVIV, KOMPAS.TV — Aktris Hollywood dan juga aktivis kemanusiaan PBB Angelina Jolie melakukan kunjungan kejutan ke Kota Lviv, Ukraina barat, Sabtu, (30/4/2022) kemarin.

Seperti dilaporkan Associated Press, Minggu (1/5), Gubernur Lviv Maksym Kozytskyy menyampaikannya di Telegram menyebutkan, Angelina Jolie menemui pengungsi domestik Ukraina terutama anak-anak.

Menurut dia, Jolie, yang menjadi Utusan Khusus UNHCR untuk Pengungsi sejak 2011 tersebut,  datang untuk berbicara dengan pengungsi domestik yang mendapatkan perlindungan di Lviv, termasuk anak-anak yang menjalani perawatan akibat cedera dalam serangan rudal di stasiun kereta api Kramatorsk di awal April.

Serangan di kota Ukraina timur itu tampaknya dengan sengaja menargetkan kerumunan yang sebagian besar wanita dan anak-anak yang mencoba melarikan diri dari serangan Rusia yang mengancam, menewaskan sedikitnya 52 orang dan melukai puluhan lainnya.

Baca Juga: Sergey Lavrov: Sanksi atas Rusia Harus Dicabut jika Ingin Perundingan Damai dengan Ukraina Dilakukan

Aktris Hollywood dan aktivis kemanusiaan PBB Angelina Jolie melakukan kunjungan kejutan ke kota Lviv di Ukraina barat hari Sabtu, (30/4/2022) kata gubernur Lviv (Sumber: AP Photo/VEduard Tomilchenko)

“Dia sangat tersentuh oleh cerita (anak-anak),” tulis Kozytskyy.

“Seorang gadis bahkan dapat secara pribadi memberi tahu Jolie tentang mimpi yang dia alami.”

Dia mengatakan, Jolie juga mengunjungi sekolah asrama, berbicara dengan siswa dan berfoto dengan mereka, menambahkan "dia berjanji akan datang lagi."

Menurut Kozytskyy, Jolie juga bertemu dengan para pengungsi yang tiba di stasiun kereta api pusat Lviv, serta dengan sukarelawan Ukraina yang memberikan bantuan dan konseling medis kepada para pendatang baru.

“Kunjungan itu mengejutkan kami semua,” tulisnya. “Banyak orang yang melihat Jolie di wilayah Lviv tidak percaya itu benar-benar dia. Sejak 24 Februari, Ukraina menunjukkan kepada seluruh dunia ada banyak hal luar biasa di sini.”



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x