Kompas TV internasional ekslusif dari swiss

Bagi Warga Bern, Sungai Aare Memberi Banyak Manfaat sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 07:21 WIB
bagi-warga-bern-sungai-aare-memberi-banyak-manfaat-sebagai-pembangkit-listrik-tenaga-air
Koresponden Kompas TV Krisna Diantha menunjukkan lokasi ditemukannya jenazah Eril di Bendungan Engehalde, Kamis (9/6/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

BERN, KOMPAS.TV - Putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Sungai Aare, Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

Koresponden KOMPAS TV Krisna Diantha menunjukkan lokasi ditemukannya jenazah Eril di Bendungan Engehalde, Kamis (9/6/2022).

Lokasi tersebut merupakan pintu air atau bendungan kedua setelah lokasi Eril berenang dan dinyatakan hanyut pada Kamis (26/5/2022).

"Airnya sangat deras di sini, sangat deras, dan orang tidak boleh berenang kira-kira satu kilometer dari sini sudah harus naik ke atas," kata Krisna dalam laporannya secara langsung dari lokasi. 

Di tempat tersebut, aliran Sungai Aare dibagi menjadi dua. Pertama, dialirkan seperti sungai biasa dan menuju bendungan selanjutnya. Kedua, dialirkan ke turbin pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Felsenau yang dibangun oleh pemerintah setempat.

Baca Juga: Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Setelah 2 Pekan Proses Pencarian

"Swiss terkenal dengan energi listrik tenaga air yang dijual ke luar negeri, tapi yang ini (Bendungan Engehalde)  saya kira untuk masyarakat Bern saja," kata Krisna.

Listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga air di Swiss berasal dari melimpahnya Sungai Aare, yang dimanfaatkan untuk penduduk lokal maupun dijual ke luar negeri.

Bahkan, di hampir semua bagian sungai dibangun bendungan yang ada pembangkit listriknya, hal itu terlihat hingga ke pegunungan tempat mata air sungai ini berasal. 

Tidak heran, pemerintah Swiss selalu membangun sebuah PLTA di setiap sungai yang aliran atau arus airnya deras untuk dimanfaatkan oleh kota setempat.

Baca Juga: 5 Fakta Jenazah Eril Ditemukan, 14 Hari Sejak Hanyut hingga Pemakaman Hari Senin

Berdasarkan situs perusahaan penyedia tenaga listrik milik Kota Bern, Energie Wasser Bern (EWB), bendungan Engehalde mulai beroperasi pada 1998.

Bendungan setinggi 61 meter itu dibangun di atas PLTA Felsenau.

Air untuk PLTA Felsenau ditampung di Bendungan Engehalde.

Di antara bendungan Engehalde dan PLTA Felsenau, aliran air Sungai Aare mengalir sebagai air sisa di dasar sungai yang sebagian besar merupakan palung alami.

Sejak 2001, PLTA di bendungan ini sudah menerangi hampir 700 rumah tangga.

Berdasarkan situs resmi Kantor Federal Energi Swiss (Swiss Federal Office of Energy), 57 persen energi listrik di sana dihasilkan oleh PLTA.

Sejak akhir tahun 2021, sudah ada 682 PLTA di Swiss yang masing-masing menghasilkan sekitar 300 kilowatt.

Sekitar 63 persen PLTA dihasilkan di daerah pegunungan Uri, Grisons, Ticino dan Valais. Wilayah Aargau dan Bern juga menghasilkan jumlah yang signifikan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x