Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

AS Ungkap Pejabat Militer Rusia Dua Kali Datang ke Iran untuk Inspeksi Drone Tempur yang akan Dibeli

Kompas.tv - 16 Juli 2022, 18:06 WIB
as-ungkap-pejabat-militer-rusia-dua-kali-datang-ke-iran-untuk-inspeksi-drone-tempur-yang-akan-dibeli
Foto intelijen satelit AS yang memperlihatkan kunjungan pejabat militer Rusia meninjau drone tempur Iran. Gedung Putih mengungkapkan, pejabat Rusia sudah mengunjungi lapangan terbang di Iran untuk meninjau drone tempur. (Sumber: Times of Israel)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JEDDAH, KOMPAS.TV - Gedung Putih mengungkapkan, pejabat Rusia sudah mengunjungi lapangan terbang di Iran tengah dua kali dalam beberapa pekan terakhir untuk melihat drone tempur yang ingin diperoleh Rusia untuk digunakan dalam perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Associated Press pada Sabtu (16/7/2022) melaporkan, pemerintah AS merilis data intelijen karena Presiden Joe Biden akan bertemu dengan para pemimpin enam negara Teluk Arab, ditambah Mesir, Yordania dan Irak dalam pertemuan puncak regional.

Biden diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan utama yang menjelaskan visinya untuk Timur Tengah saat ia menutup perjalanan terakhir dari perjalanan empat hari yang dimaksudkan untuk meningkatkan posisi AS dan menyatukan kawasan itu melawan Iran.

Menurut Gedung Putih, Iran memamerkan drone untuk pejabat Rusia di pangkalan udara Kashan pada 8 Juni dan 15 Juli.

Pemerintah AS juga merilis citra satelit dari drone Shahed-191 dan Shahed-129 yang ditampilkan dan dalam penerbangan di lapangan terbang, sementara sebuah pesawat angkut delegasi Rusia berada di darat.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan dalam sebuah pernyataan mengatakan, pemerintah AS memiliki "informasi bahwa pemerintah Iran sedang bersiap untuk memberi Rusia beberapa ratus UAV."

UAV adalah kendaraan udara tak berawak, atau drone.

Baca Juga: AS Ungkap Iran Bersiap Pasok Rusia Drone Tempur untuk Hajar Ukraina

Drone Shahed-191 dan Shahed-181 buatan Iran. Gedung Putih mengungkapkan pejabat Rusia sudah mengunjungi lapangan terbang di Iran untuk meninjau drone tempur. (Sumber: The Avionist)

“Kami menilai delegasi resmi Rusia baru-baru ini meninjau UAV berkemampuan tempur ofensif Iran. Kami merilis gambar yang diambil pada bulan Juni yang menunjukkan UAV Iran yang dilihat delegasi pemerintah Rusia hari itu,” kata Sullivan.

“Ini menunjukkan minat Rusia yang berkelanjutan untuk memperoleh UAV berkemampuan serangan Iran,” imbuhnya.

Sullivan menyebut, para pejabat AS meyakini, kunjungan pada Juni itu "adalah pertama kalinya delegasi Rusia mengunjungi lapangan terbang ini untuk pertunjukan semacam itu."

Sementara itu, Misi Iran untuk PBB belum memberikan komentar terkait pernyataan Gedung Putih itu.




Sumber : Kompas TV/Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x