Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Klaim Berhasil Habisi 200 Tentara Ukraina dan 10 Artileri Berat Barat di Odessa

Kompas.tv - 21 Juli 2022, 00:05 WIB
rusia-klaim-berhasil-habisi-200-tentara-ukraina-dan-10-artileri-berat-barat-di-odessa
Pusat komando militer Rusia. Angkatan Laut Rusia mengeklaim berhasil menghabisi lebih dari 200 prajurit Ukraina dan peralatan asing di dekat Odessa melalui.serangan presisi, kata Kementerian Pertahanan Rusia (Sumber: RIA Novosti)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Angkatan Laut Rusia mengeklaim berhasil menghabisi lebih dari 200 prajurit Ukraina dan peralatan asing di dekat Odessa melalui.serangan presisi, kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti laporan RIA Novosti, Rabu (20/7/2022)

“Senjata jarak jauh presisi tinggi berbasis laut menghantam titik penempatan sementara Brigade Marinir ke-35 di desa Dachnoye, Wilayah Odessa, tempat pasukan cadangan untuk Angkatan Bersenjata Ukraina dilatih. Lebih dari 200 personel tewas dan lebih dari sepuluh unit peralatan militer buatan asing dihancurkan," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Selain itu, hingga 40 nasionalis dan 19 kendaraan lapis baja dieliminasi selama serangan Angkatan Udara Rusia yang berlokasi di depot senjata roket dan artileri dari brigade mekanis ke-14 Angkatan Bersenjata Ukraina di Soledar.


Pasukan AU Rusia juga diklaim berhasil menghancurkan peluncur sistem rudal Harpoon Amerika di daerah Usovo di wilayah Odessa.

Pada gilirannya, pesawat tempur Rusia menembak jatuh MiG-29 dan Su-25 Ukraina dalam pertempuran udara.

Baca Juga: Tak Hanya Donbass, Rusia Akui Berniat Caplok Wilayah Selatan Ukraina, Lavrov: Ini Perubahan Rencana

Ilustrasi. Asap mengepul dari lokasi serangan udara Rusia di Odessa, Ukraina. Angkatan Laut Rusia mengeklaim berhasil menghabisi lebih dari 200 prajurit Ukraina dan peralatan asing di dekat Odessa melalui.serangan presisi, kata Kementerian Pertahanan Rusia. (Sumber: Petros Giannakouris/Associated Press)

Sejak 24 Februari, Rusia melakukan operasi militer khusus untuk demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina.

Seperti yang dikatakan Vladimir Putin, serangan itu harus diluncurkan untuk melindungi orang-orang "yang selama delapan tahun mengalami pelecehan dan genosida oleh rezim Kiev."

Tujuan akhir dari operasi tersebut, menurut Presiden Putin, adalah pembebasan Donbass dan penciptaan kondisi yang menjamin keamanan Rusia.

Dengan demikian, Volnovakha, pusat regional penting yang strategis di selatan Donetsk, Mariupol, kota terbesar di pantai Laut Azov, dan Svyatogorsk, tempat sebuah biara Ortodoks besar berada, dibebaskan di Republik Rakyat Donetsk.

Pada 3 Juli, dengan penangkapan Lisichansk dan pemukiman sekitarnya, seluruh wilayah Republik Rakyat Luhansk dibebaskan.

 



Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x