Kompas TV internasional kompas dunia

Perdana Menteri Italia Mario Draghi Mengundurkan Diri, Tetap Menjabat Sampai Ada Pemerintahan Baru.

Kompas.tv - 21 Juli 2022, 20:42 WIB
perdana-menteri-italia-mario-draghi-mengundurkan-diri-tetap-menjabat-sampai-ada-pemerintahan-baru
PM Draghi di parlemen usai meraih mosi percaya. Pemerintahannya runtuh usai koalisinya pecah sehingga Draghi mengundurkan diri (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

ROMA, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Italia Mario Draghi resmi mundur, dalam sebuah langkah yang akan meningkatkan prospek digelarnya pemilu cepat pada awal Oktober.

Mantan kepala Bank Sentral Eropa itu mengumumkan keputusannya kepada Presiden Sergio Mattarella dalam pertemuan Kamis pagi (21/7/2022), menurut sebuah pernyataan kantor presiden Italia.

Pemerintahan Draghi akan tetap menjadi caretaker untuk menangani pemerintahan yang sedang berjalan.

Runtuhnya pemerintahan Draghi tak terelakkan setelah tiga mitra koalisinya menarik dukungan mereka dalam mosi tidak percaya pada Rabu.

Pengunduran diri itu mengancam akan membuat Italia kacau balau saat Eropa bersiap menghadapi resesi dan Italia sedang menghadapi krisis energi yang makin berkembang.

Anggota parlemen, sekarang tanpa disiplin yang diberlakukan oleh mantan bankir sentral, perlu menyepakati reformasi untuk membuka 200 miliar euro bantuan Uni Eropa.

Pemilihan awal juga akan menghambat pembahasan anggaran Italia 2023, sebuah proses yang biasanya mendominasi proses parlemen selama musim gugur.

Baca Juga: Mengejutkan, PM Italia Mario Draghi Akan Mengundurkan Diri Usai Mendapat Mosi Tak Percaya

PM Italia, Mario Draghi akan mengundurkan diri usai mendapat mosi tak percaya dari partai koalisi pendukungnya. (Sumber: Mauro Scrobogna/LaPresse via AP)

Masalah Italia mencapai titik didih minggu lalu ketika Gerakan Bintang Lima, mitra koalisi utama, memboikot lewat mosi tidak percaya.

Draghi mengatakan dia tidak lagi mendapat dukungan luas dan mengancam akan mengundurkan diri kecuali semua anggota di pemerintah persatuan menjanjikan dukungan mereka.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x