Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Rusia ke Kairo, Jamin Kesinambungan Pasokan Gandum untuk Mesir

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 10:44 WIB
menlu-rusia-ke-kairo-jamin-kesinambungan-pasokan-gandum-untuk-mesir
Menku Rusia Sergei Lavrov dan Menlu Mesir Sameh Shoukry. Lavrov memberi jaminan pasokan biji-bijian termasuk gandum Rusia ke Mesir, selama kunjungan ke Kairo hari Minggu (24/7/2022) (Sumber: Arab Weekly)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

KAIRO, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memberi jaminan pasokan biji-bijian termasuk gandum Rusia ke Mesir, selama kunjungan ke Kairo hari Minggu (24/7/2022) seperti laporan Straits Times, Senin, (25/7/2022).

Jaminan Rusia itu terjadi di tengah ketidakpastian atas kesepakatan untuk melanjutkan ekspor Ukraina dari Laut Hitam.

Mesir adalah salah satu importir gandum utama dunia dan tahun lalu membeli sekitar 80 persen impor tersebut dari Rusia dan Ukraina.

Serangan Rusia 24 Februari ke Ukraina mengganggu pengiriman dan mempercepat kenaikan harga komoditas global, memberikan pukulan keuangan ke Mesir.

Sebagai tanggapannya terhadap perang, Mesir terpecah antara hubungan lama dengan Rusia dan hubungan dekatnya dengan kekuatan Barat yang berusaha mengisolasi Moskow.


 

Kedutaan Barat selalu melobi Mesir dan Liga Arab menjelang kunjungan Lavrov, termasuk pembicaraan dengan Presiden Abdel Fattah al-Sisi dan perwakilan Liga Arab.

"Kami menegaskan kembali komitmen eksportir biji-bijian Rusia untuk memenuhi semua komitmen mereka," kata Lavrov dalam konferensi pers dengan mitra Mesir Sameh Shoukry.

"Kami membahas parameter khusus kerja sama di bidang ini, menyepakati kontak lebih lanjut antara kementerian terkait, dan kami memiliki pemahaman yang sama tentang penyebab krisis gandum," kata Lavrov.

Baca Juga: Menlu Rusia Bela Diri saat Bertemu Liga Arab, Bantah Moskow Sebabkan Krisis Pangan Global

Biji-biji gandum di atas bendera Ukraina dan Rusia. Menlu Rusia Sergei Lavrov memberi jaminan pasokan biji-bijian termasuk gandum Rusia ke Mesir, selama kunjungan ke Kairo hari Minggu (24/7/2022)  (Sumber: Kompas.tv/Ant)


Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x