Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ukraina Dilaporkan Rebut Ribuan Kilometer Persegi Wilayah Front Kharkiv, Jalur Suplai Rusia Terancam

Kompas.tv - 10 September 2022, 20:59 WIB
ukraina-dilaporkan-rebut-ribuan-kilometer-persegi-wilayah-front-kharkiv-jalur-suplai-rusia-terancam
Ilustrasi. Seorang personel militer Ukraina berswafoto saat unitnya menembakkan artileri di Donetsk, timur Ukraina, 3 September 2022. Pada Sabtu (10/9/2022), serangan balik Ukraina di front sekitar Kharkiv, wilayah timur laut negara itu, dilaporkan berhasil merebut 1.000 hingga 2.500 kilometer persegi wilayah dari Rusia. (Sumber: Kostiantyn Liberov/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Pasukan Ukraina dilaporkan sukses merebut kembali ribuan kilometer persegi wilayah di front selatan Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina. Per Sabtu (10/9/2022), analis dan pejabat militer Barat menyatakan bahwa gerak ofensif pasukan Kiev telah hampir memutus jalur suplai Rusia.

Kementerian Pertahanan Inggris Raya melaporkan Ukraina berhasil maju hingga sejauh 50 kilometer ke selatan front Kharkiv. 

Serangan balik tersebut diyakini diluncurkan di sekitar Izyum, kota yang sejak awal invasi menjadi salah satu titik pusat front Rusia dan fokus penempatan artileri berat. London menyebut pasukan Rusia di sekitar Izyum “semakin terisolasi.”

“Pasukan Rusia sepertinya diserang secara mendadak. Sektor itu hanya dipertahankan dengan ringan dan unit-unit Ukraina telah merebut atau mengepung sejumlah kota,” ungkap pernyataan militer Inggris Raya dikutip Associated Press.

Lebih lanjut, London menyatakan bahwa Kupyansk, kota dekat Izyum, sedang digempur oleh pasukan Ukraina. Kupyansk disebut menjadi titik penting bagi jalur suplai pasukan Rusia di garis depan.

Baca Juga: Tentara Rusia Dituduh Pukuli hingga Tewas 2 Staf PLTN Zaporizhzhia, Diyakini Juga Melukai Lainnya

Pada Sabtu (10/9), beredar foto di media sosial Ukraina yang menunjukkan pasukan Kiev berada di muka gedung dewan kota Kupyansk. 

Pihak Ukraina sendiri belum mengonfirmasi apakah pasukannya telah memasuki Kupyansk. Kiev sebatas melaporkan bahwa pihaknya telah merebut “lebih dari 1.000 kilometer persegi wilayah” dari Rusia.

Angkatan Bersenjata Ukraina menyebut pasukannya di sejumlah daerah “menembus pertahanan musuh hingga kedalaman 50 kilometer”, sesuai angka perkiraan militer Inggris Raya. Namun, Kiev tidak menyinggung detail geografis tentang operasi militernya.

Sementara itu, Institute for the Study of War, lembaga wadah pemikir yang berbasis di Washington, memperkirakan bahwa Ukraian telah merebut kembali sekitar 2.500 kilometer persegi wilayah di sekitar Kharkiv sepekan belakangan.

Baca Juga: PM Hungaria Sebut Barat Gagal Lemahkan Rusia dengan Sanksi: Perang Masih Terus Berlangsung

Serangan balik di timur laut Ukraina ini diluncurkan bertepatan dengan serangan di sekitar Kherson, selatan Ukraina. Kalangan analis memperkirakan Rusia mengirimkan pasukan dari sekitar Kharkiv ke Kherson untuk memperkuat pertahanan, membuat garnisun front di timur laut Ukraina melemah.


Beberapa pekan belakangan, Kiev pilih bungkam mengenai rencana serangan balik ke wilayah-wilayah yang diduduki Rusia sejak awal invasi. Kiev pun meminta warga setempat untuk tidak membagikan informasi ke media sosial agar tidak mengganggu operasi militer.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Moskow belum menanggapi klaim serangan balik Ukraina di sekitar Kharkiv.

Baca Juga: Rudal Rusia Hantam Rumah Warga di Kharkiv Ukraina, 6 Orang Terluka!

 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x