Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Diminta Turki, Rusia Sepakat Kembali Laksanakan Kesepakatan Ekspor Gandum dari Ukraina Selatan

Kompas.tv - 2 November 2022, 18:41 WIB
diminta-turki-rusia-sepakat-kembali-laksanakan-kesepakatan-ekspor-gandum-dari-ukraina-selatan
Kapal kargo yang berlabuh di Laut Marmara menunggu untuk menyeberangi Selat Bosphorus di Istanbul, Turki, Selasa, 1 November 2022. Menteri Pertahanan Turki mendesak Rusia untuk mempertimbangkan kembali keputusannya untuk menangguhkan implementasi kesepakatan biji-bijian yang ditengahi oleh PBB dan Turki dalam panggilan telepon Senin dengan rekan Rusia-nya, Sergei Shoigu. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV — Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu kepada mitranya dari Turki mengatakan Moskow setuju untuk kembali ke kesepakatan yang difasilitasi Turki dan PBB tentang ekspor jutaan ton biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam.

Hal itu dinyatakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (2/11/2022), seperti dilansir Associated Press.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu menelepon Menhan Turki Hulusi Akar Turki dan memberitahunya bahwa perjanjian koridor ekspor gandum akan "berlanjut dengan cara yang sama seperti sebelumnya" mulai Rabu (2/11).

Erdogan mengatakan, kesepakatan itu akan memprioritaskan pengiriman ke negara-negara Afrika, termasuk Somalia, Djibouti dan Sudan, sejalan dengan kekhawatiran Rusia bahwa sebagian besar biji-bijian berakhir di negara-negara kaya.

Kementerian Pertahanan Rusia hari Rabu mengatakan, Rusia setuju untuk terus menjalankan perannya dalam kesepakatan itu setelah menerima jaminan tertulis dari Kiev bahwa Ukraina tidak akan menggunakan koridor laut untuk aksi militer melawan Moskow, menurut sebuah pernyataan oleh kementerian pertahanan Rusia.

Dalam pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, Ukraina dikatakan secara resmi memberi komitmen untuk menggunakan koridor pengiriman yang aman melalui Laut Hitam “secara eksklusif sesuai dengan ketentuan inisiatif Laut Hitam,” referensi ke perjanjian terpisah yang didukung oleh PBB dan Turki yang ditandatangani oleh Moskow dan Kyiv. pada 22 Juli.

Rusia menangguhkan partisipasinya dalam kesepakatan gandum selama akhir pekan, mengutip tuduhan serangan pesawat tak berawak Ukraina terhadap pelarian Laut Hitamnya.

Baca Juga: Rusia Tangguhkan Kesepakatan Pengiriman Gandum Usai Kapal Perangnya Diserang Ukraina di Sevastopol

Ilustrasi. Kapal pengangkut gandum di pelabuhan laut hitam Ukraina selatan. (Sumber: Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Turki mendesak Rusia untuk "mempertimbangkan kembali" keputusannya untuk menangguhkan implementasi kesepakatan biji-bijian yang ditengahi oleh PBB dan Turki dalam panggilan telepon pada Senin dengan rekan Rusia-nya, Sergei Shoigu.

Kementerian Pertahanan Rusia hari Senin mengatakan, lalu lintas kapal dari pelabuhan di Ukraina selatan dihentikan, menyebut gerakan itu "tidak dapat diterima."

Kapal-kapal yang memuat biji-bijian berangkat dari Ukraina hari Selasa meskipun Rusia menangguhkan partisipasinya dalam kesepakatan yang ditengahi PBB, bertujuan memastikan perjalanan yang aman pasokan makanan untuk bagian-bagian dunia yang kelaparan dan kekurangan pangan.

Namun PBB mengatakan kapal-kapal tidak akan bergerak pada Rabu, meningkatkan kekhawatiran tentang pengiriman di masa depan.

PBB dan Turki menengahi kesepakatan terpisah dengan Rusia dan Ukraina pada bulan Juli untuk memastikan Afrika, Timur Tengah dan sebagian Asia akan menerima gandum dan makanan lainnya dari wilayah Laut Hitam selama perang Rusia di Ukraina.


 




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x