Kompas TV internasional kompas dunia

The Beast, Mobil Istimewa Super Aman dan Canggih yang Diboyong Joe Biden ke KTT G20 di Bali

Kompas.tv - 15 November 2022, 19:53 WIB
the-beast-mobil-istimewa-super-aman-dan-canggih-yang-diboyong-joe-biden-ke-ktt-g20-di-bali
The Beast atau Si Buas, mobil Presiden AS Joe Biden. (Sumber: AP Photo/Patrick Semansky)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden datang ke Bali untuk berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Dalam lawatannya, ia membawa serta mobil Cadillac One berjuluk The Beast alias "Si Buas".

Apa saja keistimewaan mobil itu?

1. Dilengkapi Senjata, Cadangan Oksigen dan Darah

Mobil The Beast merupakan jenis limosin dengan tujuh kursi. Hanya jendela depan dekat kemudi saja yang dapat dibuka.

Dilansir dari Kompas.com, mobil ini punya senapan dan cadangan oksigen untuk bersiaga jika sewaktu-waktu terdapat serangan. Cadangan oksigen merupakan antisipasi terhadap bentuk serangan kimia.

Di sisi lain, Miror menyebut mobil The Beast juga bisa menembakkan gas air mata, demi memperingatkan penyerang. Ada pula stok darah jika sewaktu-waktu Presiden AS itu membutuhkan tranfusi darah ketika situasi darurat.

2. Punya Sopir Khusus

Tak sembarang orang boleh mengemudikan The Beast. Hanya Secret Service, badan di bawah Dewan Keamanan Dalam Negeri AS yang berfungsi melindungi presiden saja yang boleh mengambil kendali kemudi.

Baca Juga: KTT G20 di Bali 15-16 Nov 2022: Sejarah, Negara Anggota, Peserta & Cara Kerja

3. Disebut sebagai Mobil Paling Aman

The Sun melaporkan, "Si Buas" dilengkapi lapis baja seharga Rp21,9 miliar. Saking canggihnya sistem keamanan, mobil limosin ini diklaim mampu menahan serangan bom dan tembakan senjata api.

Pada sisi pintu, terdapat lapis baja setebal 8 inci dilengkapi segel. Sementara pada sisi jendela, mobil ini memanfaatkan bahan polikarbonat dan kaca anti peluru setebal lima inci. Dengan demikian, mobil ini mampu menahan serangan senjata, termasuk biologis dan kimia.

4. Pesawat Khusus untuk Mengangkut The Beast

Menyitat Financial Express, Secret Service menggunakan pesawat kargo khusus dengan nama C-17 Globemaster untuk memboyong The Beast ke Bali. 

Sebelumnya, limosin ini juga dibawa oleh Biden ketika ia melayat ke pemakaman Ratu Elizabeth II di Inggris pada September lalu.

Baca Juga: Joe Biden Naik Mobil The Beast Selama KTT G20 Bali, Digunakan Juga saat Pemakaman Ratu Elizabeth II


 


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Miror/The Sun/Financial Express


BERITA LAINNYA



Close Ads x