Kompas TV internasional kompas dunia

Jerman Dukung Balkan Jadi Anggota Uni Eropa: Ini Kepentingan Kami Juga

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 20:28 WIB
jerman-dukung-balkan-jadi-anggota-uni-eropa-ini-kepentingan-kami-juga
Ilustrasi. Kanselir Jerman Olaf Scholz ketika diwawancara dpa di Berlin, Jumat (17/6/2022). (Sumber: Michael Kappeler/dpa via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

BERLIN, KOMPAS.TV - Kanselir Jerman Olaf Scholz mengaku mendukung negara-negara Balkan untuk menjadi anggota Uni Eropa. Ia menyebut dimasukkannya seluruh kawasan Balkan ke Uni Eropa menjadi kepentingan Jerman dan juga Uni Eropa.

Hal tersebut disampaikan Scholz kepada Parlemen Eropa sebelum koferensi tingkat tinggi Uni Eropa di Brussel, Belgia. Konferensi ini sedianya akan membahas aksesi enam negara Balkan yang belum menjadi anggota Uni Eropa.

Baca Juga: Disambut Suhu Minus 1 Derajat Celcius, Jokowi Tiba di Brussel, Hadiri KTT 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa

Enam negara tersebut adalah Bosnia-Herzegovina, Albania, Serbia, Montenegro, Kosovo, dan Makedonia Utara. Uni Eropa menyebut negara-negara yang baru menjadi kandidat anggota ini sebagai negara-negara Balkan Barat.

"Adalah menjadi kepentingan Jerman dan Eropa juga untuk seluruh Balkan menjadi bagian Uni Eropa," kata Scholz dikutip Associated Press, Rabu (14/12/2022).

Lebih lanjut, Scholz memuji kebijakan yang meloloskan Kroasia menjadi anggota kawasan Schengen, kawasan visa bebas pengecekan yang terdiri dari 26 negara sebelum Kroasia masuk.

Scholz juga menyebut Bulgaria dan Rumania mesti lekas disetujui masuk area Schengen. Sejauh ini, aksesi Bulgaria dan Rumania ke Schengen dihalangi oleh Austria.

Baca Juga: Geger Rencana Kudeta Bersenjata di Jerman, 25 Orang Ditangkap, Diduga Berencana Serbu Parlemen

 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x