Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Bangun Komando Militer Baru Dekat Perbatasan Eropa, Setelan Kekuatan Rusia dan Barat Runyam

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 01:05 WIB
rusia-bangun-komando-militer-baru-dekat-perbatasan-eropa-setelan-kekuatan-rusia-dan-barat-runyam
Rusia secara resmi akan membuat komando militer baru di dekat Eropa saat memperluas militernya menjadi 1,5 juta tentara, di tengah ketegangan yang semakin dalam dengan Amerika Serikat dan sekutunya atas invasi Kremlin ke Ukraina. (Sumber: RIA Novosti)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia secara resmi akan membuat komando militer baru di dekat Eropa saat memperluas militernya menjadi 1,5 juta tentara, di tengah ketegangan yang semakin dalam dengan Amerika Serikat dan sekutunya atas invasi Kremlin ke Ukraina.

"Presiden Federasi Rusia memutuskan untuk menambah jumlah Angkatan Bersenjata menjadi satu setengah juta personel militer. Itu dijamin untuk memastikan keamanan militer negara, untuk melindungi subjek baru dan objek penting yang sangat penting dari Federasi Rusia, hanya dengan memperkuat komponen struktural utama Angkatan Bersenjata Rusia," kata Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu dalam pernyataan tertulisnya.

Struktur baru di wilayah sekitar Moskow, St Petersburg dan Karelia di perbatasan dengan Finlandia akan dibuat di bawah program tersebut, kata Shoigu kepada para komandan, Selasa (17/1/2023). 

Shoigu mengatakan, perubahan signifikan akan dimulai pada 2023 dan berlanjut hingga 2026. Ia menambahkan bahwa unit 'mandiri' akan didirikan di wilayah Ukraina yang telah dianeksasi Rusia.

Presiden Vladimir Putin pada bulan Desember menyetujui rencana Shoigu untuk meningkatkan jumlah militer Rusia dari target saat ini sebesar 1,15 juta. Meski begitu, Kremlin belum mengatakan seberapa cepat itu akan terjadi.

Shoigu mengatakan, perluasan akan tersebar di semua cabang militer Rusia dan akan dikoordinasikan dengan pengiriman senjata baru untuk melengkapi mereka, kata Kementerian Pertahanan, menurut kantor berita Interfax.

Rusia akan membuat tiga divisi infanteri bermotor baru dan dua divisi lintas udara, menggabungkan sejumlah brigade, kata Shoigu dalam komentar yang diunggah di saluran Telegram kementerian. Dia juga meminta perhatian khusus untuk merekrut tentara kontrak untuk mengisi barisan militer yang diperluas.

Sejak memerintahkan invasi hampir setahun yang lalu, Putin telah menyusun rencana untuk membalikkan pengurangan jumlah militer Rusia selama bertahun-tahun.

Kremlin belum mengatakan bagaimana mereka akan merekrut semua pasukan baru. Tetapi, mereka telah mengusulkan untuk menaikkan usia wajib militer, yang dapat meningkatkan jumlah pria yang memenuhi syarat untuk wajib militer.

Baca Juga: Rusia Perbesar Angkatan Bersenjata hingga Cakup 1,5 Juta Personel, Putin Berikrar Menang di Ukraina

Jenderal Valery Gerasimov, kanan, bersama Jenderal Sergei Shoigu. Rusia secara resmi akan membuat komando militer baru di dekat Eropa saat memperluas militernya menjadi 1,5 juta tentara, di tengah ketegangan yang semakin dalam dengan Amerika Serikat dan sekutunya atas invasi Kremlin ke Ukraina. (Sumber: AP Photo)

Pasukan Rusia yang diperluas akan mencakup 695.000 tentara kontrak, kata Shoigu, 521.000 di antaranya akan bertugas pada akhir tahun 2023.

Shoigu juga mengusulkan reorganisasi struktur kekuatan militer yang signifikan, khususnya di Distrik Militer Barat, yang kekuatannya berseberangan dengan negara-negara anggota NATO.

Perubahan lain akan memindahkan beberapa unit angkatan udara untuk berada di bawah komando angkatan darat, dan brigade infanteri, marinir, dan udara yang ada akan diubah menjadi divisi langsung, serupa dengan yang ada di bawah struktur Soviet.

Jika diberlakukan, reformasi yang diusulkan akan membatalkan serangkaian perubahan yang dilakukan oleh pendahulu Shoigu, Anatoly Serdyukov, setelah perang 2008 di Georgia, yang menunjukkan masalah mencolok di militer Rusia.

Antara lain, perubahan Serdyukov membongkar struktur angkatan bersenjata era Soviet, menjauh dari divisi besar menuju brigade yang lebih mobile dan sebagian besar mandiri, dan mencoba meningkatkan interoperabilitas berbagai cabang.


 

 




Sumber : Kompas TV/TASS/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x